Oke Ibu guru persilahkan untuk anak-anak sholeh dan sholeha mempersiapkan alat-alat untuk belajar hari ini, namun sebelum itu jangan lupa mandi terlebih dahulu ya. Selanjutnya silahkan simak tausiyah, murojaah, serta sholat dhuha ya sayang baru kita akan mulai pembelajaran kita hari ini. Tetap semangat puasanya semoga puasa kita semua menjadi ladang pahala. Aamiin
Pada Pembelajaran 1 Tema 8 Subtema 3 Aturan Keselamatan di Perjalanan akan mempelajari tentang membaca, menulis, membacakan, menemukan teks pendek yang di dalamnya memuat aturan penggunaan huruf kapital (nama Tuhan), menentukan konversi satuan waktu, menyajikan hasil pemecahan masalah sehari-hari tentang satuan waktu, mengidentifikasi ciri-ciri, bahan, dan cara menggunakan karya imajinatif tiga dimensi dengan bahan alami, mengidentifikasi langkah-langkah dan cara membuat karya imajinatif tiga dimensi dengan bahan alami. Sebagai catatan tulisan ini hanya sebagai panduan saja ketika mengikuti pembelajaran bersama Bapak/Ibu guru.
Hari Minggu, Udin dan teman-teman berlibur ke Pantai Ancol.
Mereka berangkat menggunakan bus pariwisata.
Berlibur ke pantai ada aturannya.
Ayo Mengamati
Amati gambar di bawah dengan teliti!
Ibu Guru
:
Dengarkan aturan yang ibu sampaikan ya, Nak! Anak-anak harus mematuhi aturan perjalanan kita. Ada yang tahu, mengapa kita harus patuh pada aturan?
Udin
:
Tahu, Bu. Agar kita selamat dalam perjalanan. Selanjutnya, selamat pula kembali ke rumah masing-masing.
Ibu Guru
:
Hebat anak ibu. Jadi, kita harus patuh pada aturan perjalanan kita ya, Nak!
Siswa
:
Iya, Bu!
Apa isi percakapan pada halaman sebelumnya?
Isi percakapan tersebut adalah tentang mematuhi aturan keselamatan di perjalanan.
Mengapa kita harus patuh pada aturan?
Kita harus mematuhi aturan agar selamat dalam perjalanan dan selamat pula kembali ke rumah.
Apa yang akan terjadi jika kita tidak patuh pada aturan?
Jika kita tidak patuh pada peraturan maka dapat membahayakan keselamatan.
Ayo Membaca
Bacalah teks berikut dengan lafal dan intonasi yang tepat!
Aturan Keselamatan dalam Bus
Melakukan perjalanan dengan bus ada aturannya. Aturan dibuat ada gunanya. Dengan mematuhi aturan, kita akan selamat dalam perjalanan. Tidak hanya itu, kita juga akan dapat menikmati perjalanan dengan baik. Kita akan merasa aman dan nyaman dalam perjalanan.
Ada beberapa aturan yang harus kita patuhi ketika melakukan perjalanan dengan bus, antara lain naik ke dalam bus dengan tertib, duduk di kursi masing-masing dengan baik, tidak mengeluarkan anggota badan melalui jendela, dan berdoa kepada Tuhan sebelum berangkat. Setiap melakukan perjalanan dengan bus, kita harus mematuhi aturan tersebut dengan baik.
Apa isi teks di atas?
Isi teks di atas adalah tentang peraturan keselamatan di bus beserta pentingnya mematuhi aturan tersebut.
Apa saja aturan ketika melakukan perjalanan dengan bus?
Beberapa aturan ketika melakukan perjalanan dengan bus antara lain
Naik ke dalam bus dengan tertib,
Duduk di kursi masing-masing dengan baik,
Tidak mengeluarkan anggota badan melalui jendela,
Berdoa kepada Tuhan sebelum berangkat.
Ayo Mengamati
Bacalah kembali teks “Aturan Keselamatan dalam Bus” dengan teliti!
Masih ingatkah kamu aturan penggunaan huruf kapital?
Huruf kapital digunakan untuk menulis nama Tuhan.
Bacalah beberapa kalimat berikut dengan nyaring!
Kita harus berdoa kepada Tuhan sebelum berangkat.
Kesehatan yang kita miliki merupakan anugerah Yang Mahapengasih.
Udara yang kita hirup merupakan anugerah Yang Mahakuasa.
Ayo Berlatih
Tulislah 5 kalimat sederhana dengan mengikuti aturan penggunaan huruf kapital!
Tuliskan pada kolom di bawah ini!
Edo berdoa kepada Tuhan Yang Maha Esa.
Sebelum belajar Siti berdoa kepada Tuhan.
Sebelum melakukan perjalanan anak-anak berdoa kepada Tuhan.
Matahari terbit dan tenggelam karena Tuhan Yang Mahakuasa.
Setiap hari kita berdoa kepada Tuhan.
Sekarang, coba bacakan kalimat yang telah kamu tulis dengan lafal dan intonasi yang tepat!
Ayo Mengamati
Masih ingatkah kamu hari apa Udin dan teman-teman berlibur ke Pantai?
Amatilah gambar kalender berikut dengan teliti!
Tahukah kamu berapa hari dalam 1 minggu? 1 minggu = 7 hari yaitu: Senin, Selasa, Rabu, Kamis, Jumat, Sabtu, dan Minggu.
Ayo Berlatih
Kerjakanlah latihan berikut dengan teliti!
1. Udin dan keluarga berlibur ke rumah nenek selama 4 minggu.
Berapa harikah Udin dan keluarga berlibur ke rumah nenek?
Jawab: 4 x 7 hari = 28 hari
2. Udin dan teman-teman berlibur ke luar kota selama 2 minggu.
Berapa harikah Udin dan teman-teman berlibur ke luar kota?
Jawab: 2 x 7 hari = 14 hari
3. Udin dan teman-teman akan mengikuti lomba menyanyi.
Mereka mengadakan latihan selama 5 minggu.
Berapa harikah Udin dan teman-teman mengadakan latihan menyanyi?
Jawab: 5 x 7 hari = 35 hari
4. Udin dan teman-teman akan mengikuti lomba menari.
Mereka mengadakan latihan menari selama 3 minggu.
Berapa harikah Udin dan teman-teman berlatih menari?
Jawab: 3 x 7 hari = 21 hari
5. Sekolah Udin akan mengikuti lomba Adiwiyata.
Mereka melakukan persiapan menjelang lomba selama 6 Minggu.
Berapa harikah sekolah Udin melakukan persiapan menjelang lomba?
Jawab: 6 x 7 hari = 42 hari
Simak Video Hubungan Antar Satuan Waktu berikut ini !
Ayo Berkreasi
Udin dan teman-teman tiba di pantai.
Mereka mencari kerang kecil.
Kerang kecil merupakan hasil sumber daya alam.
Kerang kecil dapat dibuat menjadi karya kerajinan.
SENI RUPA Hari / Tanggal : Rabu / 14 Agustus 2024 Kelas : 2. D Mata Pelajaran : Seni Rupa Materi : Menggambar/Membuat Karya Cetak dari Bentuk Sekitar CP : Mengalami (Experiencing) · Peserta didik memahami unsur rupa di lingkungan sekitarnya dan menyimpulkan hasil pemahaman atas dua unsur rupa. Merefleksikan (Reflecting) · Peserta didik menilai karya dan penciptaan karya seni rupa dengan menggunakan kosa kata sehari-hari. Berpikir dan Bekerja Artistik (Thinking and Working Artistically) · Peserta didik menggunakan pengalaman visualnya sebagai sumber gagasan dalam berkarya. Peserta didik mengeksplorasi alat dan bahan dasar yang tersedia di lingkungan sekitar. Menciptakan (Making/Creating) · Peserta didik membuat karya seni rupa menggunakan hasil pengamatannya terhadap lingkungan sekitar, menggunakan unsur garis, bentuk, dan/atau warna. Berdampak (Impacting) · Peserta didik memberikan respons terhadap kejadian sehari-hari
MATERI AJAR MATEMATIKA dan PENDIDIKAN PANCASILA Hari / Tanggal : Selasa / 30 Juli 2024 Kelas : 2. D Materi : Menentukan Nilai Tempat 1 - 100 Bismillah… Assalamu’alaikum anak sholih dan sholihah. Bagaimana kabarnya pagi ini? In syaa Allah dalam keadaan sehat semua ya Nak, aamiin. Dengan belajar Matematika hari ini, Ibu Guru harapkan nantinya anak-anak Ibu guru bisa memahami komposisi, susunan, cara menulis, dan cara membaca bilangan 3 angka. Dan memahami besarnya dan nilai tempat bilangan 3 angka. Apakah nilai tempat bilangan itu? Ayo, Pelajari bersama. Dika membantu Pak Abid memanen wortel. Dika menghitung wortel hasil panen. Banyak wortel ada 29 buah. Nilangan 29 punya dua nilai tempat. Nilai tempat puluhan dan satuan. 29 = 2 puluhan + 9 satuan 29 = 20 + 9 Yumna mengukur tinggi badannya. Tinggi badannya 97 cm. 97 terdiri atas dua angka. Bilangan 97 punya dua nilai te