Materi Ajar Rabu 20 April 2022
Kelas/ Semester : 2/ 2
Tema 8 : Keselamatan diRumah dan Perjalanan.
Subtema 2: Menjaga Keselamatan di Rumah.
Pembelajaran : 5 dan 6
Oke Ibu guru persilahkan untuk anak-anak sholeh dan sholeha mempersiapkan alat-alat untuk belajar hari ini, namun sebelum itu janganlajaran kita hari ini. Tetap semangat puasanya semoga puasa kita semua menjadi ladang pahala. Aamiin
Pada Pembelajaran 5 dan 6 Tema 8 Subtema 2 Menjaga Keselamatan di Rumah akan mempelajari tentang membaca dan menemukan kalimat sederhana yang di dalamnya memuat aturan penggunaan tanda tanya. Menulis kalimat dengan memperhatikan aturan penggunaan tanda tanya, membacakan kalimat yang telah ditulis. Memberikan contoh olahraga yang menunjukkan persatuan dalam keberagaman teman sekolah, dan menceritakan pengalaman melakukan kegiatan yang mencerminkan persatuan dalam keberagaman teman sekolah menggunakan gambar/poster. Sebagai catatan tulisan ini hanya sebagai panduan saja ketika mengikuti kegiatan pembelajaran Bersama Bapak/Ibu guru.
Beni dan Edo akan bermain di rumah Udin.Di rumah Udin, ada kolam renang.Mereka akan bermain melempar dan menangkap bola.Udin meminta izin kepada Ayah sebelum bermain.Ayo Mengamati
Udin : Apakah kami boleh bermain di kolam renang, Ayah? Ayah : Boleh, Nak. Asalkan harus berhati-hati, ya! Kita harus memperhatikan keselamatan. Tahu bagaimana caranya, Nak? Kita harus memakai pelampung dan jangan ke tempat yang dalam ya, Nak! Itu bisa membahayakan diri. Apa isi percakapan Udin dan Ayah?Isi percakapan Udin dan Ayah adalah hal-hal yang harus diperhatikan saat bermain di kolam renang.Apa saja pesan ayah kepada Udin?Pesan Ayah kepada Udin adalah kita harus berhati-hati dan memperhatikan keselamatan diri saat berada di kolam.Apa yang terjadi jika pesan Ayah tidak dituruti?Jika pesan Ayah tidak dituruti maka Udin dapat mengalami kecelakaan di kolam, misalnya saja tenggelam.Ayo MembacaTentu kamu masih ingat dengan kalimat tanya, bukan?Kalimat tanya digunakan untuk menanyakan sesuatu.Bacalah kalimat berikut dengan lafal dan intonasi yang tepat!
- Apakah kami boleh bermain di kolam renang, Ayah?
- Tahu bagaimana caranya, Nak?
Ayo MenulisKerjakan latihan dengan mengikuti petunjuk berikut!
- Amati gambar dengan teliti!
- Buatlah pertanyaan-pertanyaan dari gambar tersebut!
- Tuliskan pertanyaan menggunakan kata: apa, siapa, kapan, di mana, mengapa, dan bagaimana!
Tuliskan pertanyaanmu di bawah ini!
- Apa yang sedang dilakukan Udin, Beni dan Edo?
- Mengapa mereka menggunakan pelampung?
- Siapa yang berani berenang ke tengah kolam renang?
- Di mana mereka berenang?
- Bagaimana cara menjaga keselamatan diri saat berada di kolam renang?
- Kapan mereka berenang di kolam renang?
Udin dan teman-teman bermain sepeda.
Mereka bermain di halaman rumah.
Bermain sepeda harus berhati-hati.
Jika terjatuh, badan bisa terluka.
Kita harus memperhatikan keselamatan diri.Siti : Udin, siapa yang membelikan kamu sepeda? Kapan kamu bisa bersepeda? Udin : Ayahku yang membelikannya. Aku baru pandai bersepeda. Kata ayah, jika bersepeda harus berhati-hati. Benda-benda di sekitar juga harus diperhatikan dengan baik.
Apa isi percakapan Udin dan Siti?
Isi percakapan Udin dan Siti adalah tentang sepeda Udin dan nasehat ayah Udin ketika bersepeda.
Apa yang akan terjadi jika bermain sepeda tidak berhati-hati?
Jika bermain sepeda tidak berhati-hati maka dapat jatuh dan membahayakan keselamatan.
Ayo Membaca
Bacalah kalimat tanya berikut dengan lafal dan intonasi yang tepat!- Siapa yang membelikan kamu sepeda?
- Kapan kamu bisa bersepeda?
Kalimat tanya berguna untuk menanyakan sesuatu.
Kalimat tanya selalu dibubuhi dengan tanda tanya (?) di akhir kalimat.
Ayo Menulis
Kerjakan latihan dengan mengikuti petunjuk berikut!- Tulislah pertanyaan menggunakan kata tanya: apa, siapa, kapan, di mana, mengapa, dan bagaimana.
- Tuliskan pertanyaan berdasarkan gambar berikut!
- Tuliskan pertanyaan yang kamu buat pada kolom berikut!
Pertanyan berdasarkan gambar :
- Apa yang terjadi pada kedua anak tersebut?
- Siapa nama anak yang terjatuh dari sepeda?
- Kapan mereka jatuh dari sepeda?
- Di mana mereka jatuh dari sepeda?
- Bagaimana cara agar tidak terjatuh dari sepeda?
- Mengapa mereka jatuh dari sepeda?
- Coba kamu tuliskan kegiatan bermain yang pernah kamu lakukan bersama temanmu!
- Tuliskan yang menunjukkan persatuan dalam keragaman!
- Tuliskan hasilnya pada tabel berikut.
1. | Siti mulai bermain boneka pada pukul 16.00. Ia bermain selama 1 jam. Pukul berapakah ia selesai bermain? 16.00 + 01.00 = 17.00. | |
2. | Beni mulai membantu ibu pada pukul 14.00. Ia membantu ibu selama 60 menit (1 Jam). Pukul berapakah ia selesai membantu ibu? 14.00 + 01.00 = 15.00. | |
3. | Udin mulai bermain kasti pada pukul 15.00. Ia bermain selama 1 jam. Pukul berapakah ia selesai bermain? 15.00 + 01.00 = 16.00. | |
4. | Lani dan teman-teman mulai bermain petak umpet pada pukul 16.00. Mereka bermain selama 120 menit. ( 2 jam) Pukul berapakah mereka selesai bermain? 16.00 + 02.00 = 18.00. | |
5. | Beni mulai belajar 07.00. Ia belajar selama 4 jam. Pukul berapakah ia selesai belajar? 07.00 + 04.00 = 11.00. |
- Apa yang harus kita lakukan saat berbicara dengan orang lain?
- Siapa saja yang harus kita hormati saat berada di rumah?
- Kapan kita harus berpamitan kepada kedua orang tua?
- Di mana sebaiknya kita duduk saat menonton televisi?
- Bagaimana cara mengajukan permintaan pada kedua orang tua?