Materi Ajar Selasa 06 September 2022
SELASA, 06 September
2022
Materi Ajar: Selasa,
06 September 2022
Assalamualaikum
semangat pagi semuanya🤗
Pada Pembelajaran 2 Tema 2 Subtema
3 Bermain di Lingkungan Sekolah akan mempelajari tentang mencatat dan
menyebutkan isi teks pendek yang berkaitan dengan keragaman benda di sekitar.
Melakukan pengamatan sederhana dan mengelompokkan keragaman benda di lingkungan
sekitar dengan berpedoman pada isi teks yang telah dibaca dengan cermat.
Menjelaskan prosedur variasi gerakan mendorong tanpa berpindah tempat sesuai
dengan konsep tubuh, ruang, usaha dan keterhubungan dalam berbagai bentuk
permainan sederhana. Mengidentifikasi dan mensimulasikan tata tertib yang
berlaku dalam kehidupan sehari-hari di sekolah. Sebagai catatan tulisan ini
hanya sebagai penduan saja ketika mengikuti kegiatan pembelajaran bersama
Bapak/Ibu guru.
Beni dan
teman-temannya sedang bermain di jam istirahat sekolah.
Saya pernah
melakukannya.
Mengamati Benda
Beni melakukan
pengamatan terhadap minyak di dalam gelas. Gelas plastik dimiringkan sehingga
minyak mengikuti gravitasi. Bentuk minyak tidak tetap atau berubah-ubah
menyerupai wadahnya. Udin mengamati gangsing. Gangsing bisa berputar. Ada
gangsing dari kayu dan ada gangsing dari plastik.
Minyak, gangsing,
balon dan gelas plastik.
Agar tangannya tidak
kotor.
Baju dimasukan ke
dalam celana.
Baju Udin keluar, cara
berpakaian Udin kurang rapi.
Bentuk minyak tidak
tetap.
Karena balon berisi
gas helium
Air memiliki sifat
benda cair, gasing benda padat dan balon memiliki sifat gas.
Mereka bermain saling
dorong bola.
Saya pernah
melakukannya.
Ya Udin mematuhi tata
tertib sekolahnya menggunakan pakaian lah raga saat berolah raga.
· Baju masuk ke
dalam celana.
· Memakai kaus
kaki warna putih, kecuali ketika memakai pakaian Pramuka.
· Memakai sepatu
warna hitam.
· Untuk
perempuan memakai rok sampai bawah lutut.
· Dilarang
memakai perhiasan berlebihan.
· Pada saat
berolahraga menggunakan pakaian olah raga
Ayo Membaca Bacalah
teks percakapan berikut!
Pada teks di atas
terdapat tata tertib berpakaian di sekolah dan bermain saling dorong bola.
Baju masuk ke dalam
celana.
Dua oeang anal saling
berhadapan dan membawa bola di depan saling menekan/mendorong.
1.
Hadir
15 menit sebelum pelajaran dimulai.
1.
Menggunakan
sepatuh hitam dengan tali.
1.
Menggunakan
kaos kaki berwarna putih.
Tata tertib pulang
sekolah
1.
Selesai
sekolah langsung pulang ke rumah.
1.
Tidak
boleh langsung bermain-main
1.
Menggnati
baju seragam sekolah dengan baju rumah
Bahasa Lampung
Beni datang tepat waktu.
Ia memakai seragam sekolah dengan
rapi.
Ia membuang sampah di tempat
sampah.
Beni mematuhi aturan di sekolah.
Ayo Mengamati
Amati gambar di bawah dengan
cermat!
Apa yang dilakukan Beni bersama
teman-temannya?
Pernahkah kamu melakukan seperti
yang mereka lakukan?
Ayo Menulis
Sekarang simaklah cerita yang disampaikan
gurumu!
Kemudian, catatlah isi cerita yang
kamu dengar!
Mengamati Benda
Beni melakukan pengamatan terhadap
minyak di dalam gelas plastik. Gelas plastik dimiringkan sehingga minyak
mengikuti gravitasi. Beni memakai pakaian yang rapi dengan baju masuk ke dalam
celana. Beni berhati-hati memegang minyak agar tangannya tetap bersih. Bentuk
minyak tidak tetap atau berubah-ubah menyerupai wadahnya.
Udin mengamati gangsing. Gangsing
bisa berputar. Ada gangsing dari kayu dan ada gangsing dari plastik.
1. Judul: .
2. Isi cerita:
Jawablah pertanyaan berikut
berdasarkan cerita yang kamu dengar!
Benda apa saja yang ada dalam
cerita?
Mengapa Beni berhati-hati
menggunakan minyak?
Bagaimana tata tertib dalam
berpakaian?
Bagaimana cara Udin berpakaian?
Bagaimana bentuk minyak?
Mengapa balon bisa terbang?
Ayo Bernyanyi
Balonku
Pencipta: AT Mahmud
Balonku ada lima.
Rupa-rupa warnanya.
Hijau, kuning, kelabu.
Merah muda dan biru.
Meletus balon hijau,
dor!
Hatiku sangat kacau.
Balonku tinggal empat.
Kupegang erat-erat.
Ayo Mencoba
Ayo, lakukan kegiatan berikut ini!
Keragaman Benda
Alat dan bahan: Air, gangsing, dan
balon.
Petunjuk:
1. Sediakan alat dan bahan!
2. Amatilah bahan satu per satu!
3. Catat hasil pengamatanmu pada
tabel berikut!
Hasil pengamatan:
1. Nama benda: Air
Ciri-ciri benda:
Air merupakan benda
cari. Air memiliki warna bening dan jernih,. Air dapat menempati ruangan dan
menekan ke segala arah.
Hasil pengamatan:
2. Nama benda:
Gangsing
Ciri-ciri benda:
Gangsing merupakan
benda padat. Gangsing dibuat dengan bahan kayu. Dimainkan oleh anak-anak
khususnya laki-laki, cara memainkannya dengan menggunakan tali.
Hasil pengamatan:
3. Nama benda: Balon
Ciri-ciri benda:
Balon berisikan gas
helium dan udara. Ciri-cirinya berbentuk bulat dan lonjong, bisa menahan
tekanan, bisa meletus. Terbuat dari bahan karet.
Berdasarkan pengamatan dapat
disimpulkan bahwa:
Ayo Berlatih
Berdasarkan pengamatan yang
dilakukan, kelompokkanlah benda berikut berdasarkan
wujudnya!
Ayo Mengamati
Amatilah gambar berikut!
Permainan apa yang mereka lakukan?
Pernahkah kamu melakukan permainan
itu?
Apakah Udin mematuhi tata tertib
di sekolahnya?
Bagaimana tata tertib berpakaian
di sekolahmu?
Apakah kamu mematuhinya?
Tulislah tata tertib dalam
berpakaian di sekolahmu!
Apa saja tata tertib yang ada pada
teks di atas?
Bagaimana tata tertib berpakaian
di sekolah?
Ayo Mengamati
Amatilah cara berpakaian berikut
dengan cermat!
Sekarang ayo praktikkan cara
berpakaian yang rapi seperti yang kamu pelajari!
Temanmu akan menanggapi
penampilanmu dengan bahasa yang sopan!
Ayo Mencoba
Cobalah permainan saling dorong
bola bersama temanmu!
Lakukan dengan tertib!
Ayo Menulis
Ceritakanlah langkah-langkah dalam
permainan saling dorong bola!
Kerja Sama dengan
Orang Tua
Orang tua membimbing siswa dalam
menjelaskan tata tertib datang ke sekolah dan pulang dari sekolah.
Tata Tertib datang ke sekolah :
Tugas
Kerjakanlah latihan menulis yang
ada di buku lalisba halaman 5, kerjakan dengan perlahan agar hasilnya rapi🤗
Semangat mengerjakan😘
Pada kegiatan pembelajaran Bahasa
Lampung yang lalu, kita sudah mempelajari cara menulis aksara Lampung dengan
tambahan anak huruf “i” dan “u”. Masih ingatkah kalian?
Nah, pada pembelajaran hari ini
kita akan mempelajari cara menulis aksara Lampung dengan bantuan anak huruf “e”
dan “o”.
Anak huruf “e” letaknya di atas
induk huruf. Bentuknya seperti gunung kecil
Contoh penggunaannya:
Anak huruf “o” letaknya di bawah
induk huruf. Bentuknya seperti tanda koma o
Contoh penggunaannya:
Soal
Ayo kalian coba latihan menulis
aksara Lampung yang diberi tanda anak aksara Lampung. Ikuti seperti contoh!
1. da do de = .............
2. ca co ce = .............
3. ka ko ke = .............
4. ya yo ye = .............
5. ja jo je = .............
BELAJAR TERUS ANAK SHOLEH dan
SHOLEHA