Materi Ajar Selasa 06 September 2022

SELASA, 06 September 2022

Materi Ajar: Selasa, 06 September 2022


 Assalamualaikum semangat pagi semuanya🤗

Pada Pembelajaran 2 Tema 2 Subtema 3 Bermain di Lingkungan Sekolah akan mempelajari tentang mencatat dan menyebutkan isi teks pendek yang berkaitan dengan keragaman benda di sekitar. Melakukan pengamatan sederhana dan mengelompokkan keragaman benda di lingkungan sekitar dengan berpedoman pada isi teks yang telah dibaca dengan cermat. Menjelaskan prosedur variasi gerakan mendorong tanpa berpindah tempat sesuai dengan konsep tubuh, ruang, usaha dan keterhubungan dalam berbagai bentuk permainan sederhana. Mengidentifikasi dan mensimulasikan tata tertib yang berlaku dalam kehidupan sehari-hari di sekolah. Sebagai catatan tulisan ini hanya sebagai penduan saja ketika mengikuti kegiatan pembelajaran bersama Bapak/Ibu guru.

Beni dan teman-temannya sedang bermain di jam istirahat sekolah.

Saya pernah melakukannya.

Mengamati Benda

Beni melakukan pengamatan terhadap minyak di dalam gelas. Gelas plastik dimiringkan sehingga minyak mengikuti gravitasi. Bentuk minyak tidak tetap atau berubah-ubah menyerupai wadahnya. Udin mengamati gangsing. Gangsing bisa berputar. Ada gangsing dari kayu dan ada gangsing dari plastik.

Minyak, gangsing, balon dan gelas plastik.

Agar tangannya tidak kotor.

Baju dimasukan ke dalam celana.

Baju Udin keluar, cara berpakaian Udin kurang rapi.

Bentuk minyak tidak tetap.

Karena balon berisi gas helium

Air memiliki sifat benda cair, gasing benda padat dan balon memiliki sifat gas.

Mereka bermain saling dorong bola.

Saya pernah melakukannya.

Ya Udin mematuhi tata tertib sekolahnya menggunakan pakaian lah raga saat berolah raga.

·  Baju masuk ke dalam celana.

·  Memakai kaus kaki warna putih, kecuali ketika memakai pakaian Pramuka.

·  Memakai sepatu warna hitam.

·  Untuk perempuan memakai rok sampai bawah lutut.

·  Dilarang memakai perhiasan berlebihan.

·  Pada saat berolahraga menggunakan pakaian olah raga

Ayo Membaca Bacalah teks percakapan berikut!

Pada teks di atas terdapat tata tertib berpakaian di sekolah dan bermain saling dorong bola.

Baju masuk ke dalam celana. 

Dua oeang anal saling berhadapan dan  membawa bola di depan saling menekan/mendorong.

1.      Hadir 15 menit sebelum pelajaran dimulai.

1.      Menggunakan sepatuh hitam dengan tali.

1.      Menggunakan kaos kaki berwarna putih.

Tata tertib pulang sekolah

1.      Selesai sekolah langsung pulang ke rumah.

1.      Tidak boleh langsung bermain-main

1.      Menggnati baju seragam sekolah dengan baju rumah

Bahasa Lampung


Beni datang tepat waktu.

 

Ia memakai seragam sekolah dengan rapi.

 

Ia membuang sampah di tempat sampah.

 

Beni mematuhi aturan di sekolah.

 

Ayo Mengamati

Amati gambar di bawah dengan cermat!



Apa yang dilakukan Beni bersama teman-temannya?

Pernahkah kamu melakukan seperti yang mereka lakukan?

 

Ayo Menulis

Sekarang simaklah cerita yang disampaikan gurumu!

 

Kemudian, catatlah isi cerita yang kamu dengar!

 

Mengamati Benda

Beni melakukan pengamatan terhadap minyak di dalam gelas plastik. Gelas plastik dimiringkan sehingga minyak mengikuti gravitasi. Beni memakai pakaian yang rapi dengan baju masuk ke dalam celana. Beni berhati-hati memegang minyak agar tangannya tetap bersih. Bentuk minyak tidak tetap atau berubah-ubah menyerupai wadahnya.

 

Udin mengamati gangsing. Gangsing bisa berputar. Ada gangsing dari kayu dan ada gangsing dari plastik.

 

1. Judul: .

2. Isi cerita:

 

Jawablah pertanyaan berikut berdasarkan cerita yang kamu dengar!

Benda apa saja yang ada dalam cerita?

Mengapa Beni berhati-hati menggunakan minyak?

Bagaimana tata tertib dalam berpakaian?

Bagaimana cara Udin berpakaian?

Bagaimana bentuk minyak? 

Mengapa balon bisa terbang? 

 

Ayo Bernyanyi

Balonku

Pencipta: AT Mahmud

Balonku ada lima.

Rupa-rupa warnanya.

Hijau, kuning, kelabu.

Merah muda dan biru.

Meletus balon hijau, dor!

Hatiku sangat kacau.

Balonku tinggal empat.

Kupegang erat-erat.

 

Ayo Mencoba

Ayo, lakukan kegiatan berikut ini!

 

Keragaman Benda

Alat dan bahan: Air, gangsing, dan balon.

 

Petunjuk:

1. Sediakan alat dan bahan!

2. Amatilah bahan satu per satu!

3. Catat hasil pengamatanmu pada tabel berikut!

Hasil pengamatan:

1. Nama benda: Air

Ciri-ciri benda:

Air merupakan benda cari. Air memiliki warna bening dan jernih,. Air dapat menempati ruangan dan menekan ke segala arah.

 

Hasil pengamatan:

2. Nama benda: Gangsing

Ciri-ciri benda:

Gangsing merupakan benda padat. Gangsing dibuat dengan bahan kayu. Dimainkan oleh anak-anak khususnya laki-laki, cara memainkannya dengan menggunakan tali.

 

Hasil pengamatan:

3. Nama benda: Balon

Ciri-ciri benda:

Balon berisikan gas helium dan udara. Ciri-cirinya berbentuk bulat dan lonjong, bisa menahan tekanan, bisa meletus. Terbuat dari bahan karet.

 

Berdasarkan pengamatan dapat disimpulkan bahwa:

Ayo Berlatih

Berdasarkan pengamatan yang dilakukan, kelompokkanlah benda berikut berdasarkan

wujudnya!

Ayo Mengamati

Amatilah gambar berikut!

Permainan apa yang mereka lakukan?

Pernahkah kamu melakukan permainan itu?

Apakah Udin mematuhi tata tertib di sekolahnya?

Bagaimana tata tertib berpakaian di sekolahmu?

 

Apakah kamu mematuhinya?

 

Tulislah tata tertib dalam berpakaian di sekolahmu!











Apa saja tata tertib yang ada pada teks di atas?

Bagaimana tata tertib berpakaian di sekolah?

Ayo Mengamati

Amatilah cara berpakaian berikut dengan cermat!










Sekarang ayo praktikkan cara berpakaian yang rapi seperti yang kamu pelajari!

 

Temanmu akan menanggapi penampilanmu dengan bahasa yang sopan!

 

Ayo Mencoba

Cobalah permainan saling dorong bola bersama temanmu!

 

Lakukan dengan tertib!

 

Ayo Menulis

Ceritakanlah langkah-langkah dalam permainan saling dorong bola!

 

Kerja Sama dengan Orang Tua

Orang tua membimbing siswa dalam menjelaskan tata tertib datang ke sekolah dan pulang dari sekolah.

Tata Tertib datang ke sekolah :

 

 

Tugas

Kerjakanlah latihan menulis yang ada di buku lalisba halaman 5, kerjakan dengan perlahan agar hasilnya rapi🤗

Semangat mengerjakan😘

 

 

Pada kegiatan pembelajaran Bahasa Lampung yang lalu, kita sudah mempelajari cara menulis aksara Lampung dengan tambahan anak huruf “i” dan “u”. Masih ingatkah kalian?

Nah, pada pembelajaran hari ini kita akan mempelajari cara menulis aksara Lampung dengan bantuan anak huruf “e” dan “o”.

Anak huruf “e” letaknya di atas induk huruf. Bentuknya seperti gunung kecil   

Contoh penggunaannya:

 

 

 

Anak huruf “o” letaknya di bawah induk huruf. Bentuknya seperti tanda koma     o

Contoh penggunaannya:

 

Soal

Ayo kalian coba latihan menulis aksara Lampung yang diberi tanda anak aksara Lampung. Ikuti seperti contoh!

1.  da   do   de = .............

2. ca   co   ce = .............

3. ka   ko   ke = .............

4. ya   yo   ye = .............

5. ja   jo   je = .............

 

BELAJAR TERUS ANAK SHOLEH dan SHOLEHA

 

Postingan populer dari blog ini

Materi Rabu 14 Agustus 2024

MPLS DAY 2 ( Selasa 16 Juni 2024)

Kelas 2 Matematika dan Pendidikan Pancasila