materi ajar rabu 02 November 2022

Kelas 2. Tema 4 Subtema 2 PB 3

 

 MATERI PEMBELAJARAN

 

Hari/ Tanggal                    Rabu, 02 November 2022

Tema 1                               : Hidup Bersih dan Sehat

Subtema 2                         : Hidup Bersih dan Sehat di Sekolah

Pembelajaran                   : 3

 

 

PEMBUKAAN (10 menit)

Bismillah..

Assalamu’alaikum anak sholih dan sholihah…

Bagaimana kabarnya hari ini?

Masih semangat kah Nak?

In syaa Allah masih selalu semangat ya sayang…

 

Yuukk.. sebelum memulai pelajaran, kita berdoa terlebih dahulu ya Nak..

Alhamdulillah…

Sekarang, Ibu guru mau mendengar kalian menyanyikan lagu Profil Pelajar Pancasila, sudah siap?

1… 2… 3….

 

Masya Allah… anak-anak hebat Ibu guru!

Sekarang kita akan melanjutkan pembelajaran dipertemuan ke3 ya Nak untuk Subtema 2 ini.

Sebelumnya, apakah kalian masih ingat pembelajaran kemarin?

Iya pinter, kalian telah belajar telah menyebutkan isi teks yang dibaca berkaitan dengan lingkungan sehat dengan bahasa lisan, melakukan pengamatan sederhana serta melaporkan hasilnya tentang lingkungan sehat, mengidentifikasi berbagai kegiatan di sekolah yang menunjukkan persatuan dalam keberagaman di sekolah, menceritakan tentang pengalaman melakukan kegiatan bersatu dalam keberagaman di sekolah, serta menjelaskan dan mempraktikkan prosedur bergerak secara seimbang dominan statis dalam rangka pengembangan kebugaran jasmani melalui permainan sederhana dan atau tradisional dengan benar.

 

Nah, hari ini kalian akan melanjutkan pembelajaran yang kemarin dengan tujuan pembelajaran dapat menyebutkan isi teks yang dibaca berkaitan dengan lingkungan sehat dengan bahasa lisan, melakukan pengamatan sederhana dan melaporkannya tentang lingkungan tidak sehat menggunakan berpedoman pada isi teks yang telah dibaca dengan benar, dapat melakukan gerak bagian tangan dengan level dan hitungan/iringan (misalnya melambai satu tangan, dua tangan, mencangkul, memetik, memukul, dan lain sebagainya) dengan benar, serta dapat menentukan dan mengelompokkan bangun datar berdasarkan banyak sisi, sudut, dan titik sudut dengan benar.

 

Yuukk, sekarang kita mulai pembelajaran hari ini yaa…

Kon-sen-tra-si! Konsentrasi dimulai!

 

 

INTI (50 menit)

Dayu dan teman-teman belajar tentang ruang kelas yang tidak bersih.

 

Ayo Mengamati

Dengarkan temanmu membaca teks percakapan guru, Dayu, dan teman-teman berikut!



Jawablah pertanyaan berikut dari teks percakapan!

1. Apa isi percakapan guru, Dayu, dan temanteman?

2. Bagaimana ciri-ciri kelas yang tidak bersih?

3. Bagaimana pendapatmu tentang isi percakapan guru, Dayu, dan teman-teman?

4. Apa yang harus kamu lakukan jika melihat kelas kotor?

5. Bagaimana sikapmu jika melihat teman membuang sampah di ruang kelas?

 

 

Ayo Berdiskusi

Isilah teka-teki silang berikut dengan benar!

Mendatar : 1. Binatang amat kecil yang menyebabkan penyakit.

 

Menurun : 1. Tidak mengandung air.

     2. Mengandung air.



Ayo Membaca

Bacalah teks berikut dengan lafal dan intonasi yang tepat!


Informasi apa yang kamu peroleh dari teks di atas?

 

 

Ayo Mengamati

Amatilah gambar berikut dengan teliti!

Apa isi gambar yang kamu amati?

Apa yang kamu lakukan jika melihat kelasmu seperti pada gambar?

 

Tuliskan tentang kelas yang tidak bersih berdasarkan pengamatanmu!


Bacakan laporanmu dengan lafal dan intonasi yang tepat!

 

 

Kelas yang tidak bersih harus dibersihkan.

Kelas harus disapu agar tidak ada debu yang menempel.

 

Gerakan menyapu dapat membentuk gerakan tari.

Masih ingatkah kamu gerakan menyapu lantai dalam bentuk tari?

 

Amati kembali gambar di bawah dengan teliti!



Ayo Mencoba

Sebelumnya kamu sudah melakukan gerakan menyapu lantai dalam bentuk tari diiringi alat musik.

Sekarang, lakukan gerakan menyapu lantai dalam bentuk tari dengan hitungan.

Misalnya saja 2 x delapan selang-seling dengan arah yang berbeda.

Jika sudah bisa, iringi kembali dengan alat musik.

Misalnya saja gendang, rebana, tamborin, atau tifa.


Jika alat musik di atas tidak ada, dapat digunakan benda-benda di sekitar kelasmu.

Misalnya saja botol plastik bekas.

 

Amati gambar berikut dengan teliti!



Ayo Mengamati

Coba amati kembali gambar alat musik tifa.

Permukaan dinding tifa membentuk pola bangun datar.


Segitiga dan segi empat merupakan contoh bangun datar.

Tahukah kamu contoh bangun datar yang lain?

 

Amati gambar di bawah dengan teliti!


Berapa banyak sisi, sudut, dan titik sudut bangun datar di atas?

 

 

Ayo Berdiskusi

Tentukanlah bangun datar yang sesuai dengan banyak sisi, sudut, dan titik sudut berikut!



Ayo Berlatih

Untuk meningkatkan pemahamanmu, coba kelompokkan bangun-bangun datar berikut!

Kelompokkan sesuai dengan banyak sisi, sudut, dan titik sudutnya!



PENUTUP (50 menit)

Alhamdulillah untuk pertemuan hari ini kalian telah mengikutinya dengan baik.

Apakah anak-anak bahagia belajar hari ini? (refleksi)

Apakah anak-anak nyaman belajar hari ini?

Apa yang telah kalian pelajari hari ini? (Review)

Ya benar, kalian telah menyebutkan isi teks yang dibaca berkaitan dengan lingkungan sehat dengan bahasa lisan, melakukan pengamatan sederhana dan melaporkannya tentang lingkungan tidak sehat menggunakan berpedoman pada isi teks yang telah dibaca dengan benar, dapat melakukan gerak bagian tangan dengan level dan hitungan/iringan (misalnya melambai satu tangan, dua tangan, mencangkul, memetik, memukul, dan lain sebagainya) dengan benar, serta dapat menentukan dan mengelompokkan bangun datar berdasarkan banyak sisi, sudut, dan titik sudut dengan benar.

 

Alhamdulillah jika anak-anak sudah memahami materi hari ini dengan perasaan yang bahagia.

Terimakasih atas kerjasamanya hari ini dalam pembelajaran. Tetap menjadi anak yang baik.

Mari kita tutup pembelajaran hari ini dengan berdoa. Yuk sebelum berdoa kita tepuk jari terlebih dahulu!

Tetap jaga kesehatan, selalu menjadi anak yang baik di rumah bersama keluarga kalian ya…

Ibu guru akhiri, Wassalamu’alaikum Wr.Wb.

 

Postingan populer dari blog ini

Materi Rabu 14 Agustus 2024

MPLS DAY 2 ( Selasa 16 Juni 2024)

Kelas 2 Matematika dan Pendidikan Pancasila