Materi Ajar Kamis 19 Januari 2023
Materi Ajar Kamis 19 Januari 2023
MATERI PEMBELAJARAN
Hari/ Tanggal : Kamis 19 Januari 2023
Tema 5 : Pengalamanku
Subtema 3 : Pengalamanku di Tempat Bermain
Pembelajaran : 5
Bismillah..
Alhamdulillah…
Sekarang, Ibu guru mau mendengar kalian menyanyikan lagu Profil Pelajar Pancasila, sudah siap?
1… 2… 3….
Pada Pembelajaran 5 Tema 5 Subtema 3 Pengalamanku di Tempat Bermain akan mempelajari tentang menemukan dan mengartikan kosakata baru yang terdapat dalam puisi anak tentang lingkungan yang diperdengarkan. Membaca indah dan mengoreksi kesalahan puisi anak tentang lingkungan (dengan lafal, intonasi, dan ekspresi dengan tepat). Menuliskan isi puisi anak tentang lingkungan dengan ejaan yang tepat dengan baik. Menunjukkan contoh dan menceritakan pengalaman perilaku di sekolah yang sesuai dengan sila keempat Pancasila. Menjelaskan dan mempraktekkan variasi gerak ayunan dalam aktivitas senam lantai. Sebagai catatan tulisan ini hanya sebagai panduan saja ketika mengikuti kegiatan pembelajaran bersama Bapak/Ibu guru.
Beni anak yang pandai. Beni selalu ditunjuk oleh guru.Sekarang, Beni ditunjuk oleh Ibu guru. Beni diminta membacakan puisi. Puisi dibacakan di depan kelas. Judul puisinya adalah “Paman Datang”
Perhatikan puisi di atas! Tuliskan kosakata baru. Kosakata yang kamu temukan diskusikan bersama temanmu. Carilah arti kosakata tersebut.
No. | Kosa Kata Baru | Arti Kata |
---|---|---|
1. | Berkembang | menjadi besar |
2. | Biak | tumbuh/bertambah banyak |
3. | Girang | riang gembira |
4. | Terperi | terkira |
5. | Menggiring | menghalau binatang ke suatu tempat |
Ayo Berlatih
Bacalah puisi tersebut! Baca dengan lafal, intonasi, dan ekspresi yang tepat! Bacalah di depan teman-temanmu. Lakukanlah secara bergantian. Mintalah teman dan gurumu mengoreksi.
Ayo Berkreasi
Buatlah sebuah puisi. Puisi yang kamu tulis tentang lingkungan. Gunakan ejaan yang tepat!Tuliskan pada kolom berikut!
LingkungankuLingkunganku dahulu rindangAnak anak sangat senangBermain di tanah lapangMereka selalu riangLingkunganku kini gersangPohoh pohon ditebangTidak ada lagi tanah lapangTempat anak anak bermain riangPerhatikan Gambar berikut!
Beni dan temannya akan belajar PPKn. Satu kelas Beni akan belajar musyawarah. Musyawarah untuk mencapai kata mufakat. Beni dan temannya perlu semangat kekeluargaan. Ternyata, musyawarah untuk memilih ketua kelas.
Ayo Mengamati
Perhatikan gambar dengan teliti!
Gambar tersebut menunjukkan kegiatan pemilihan ketua kelas
Ayo Membaca
Bacalah teks berikut! Kamu baca dengan percaya diri.
Pemilihan Ketua Kelas
Pada hari ini kelas Beni bermusyawarah. Beni dan temannya musyawarah untuk menentukan ketua kelas. Musyawarah didampingi guru kelas. Berdasarkan hasil musyawarah, didapatkan dua orang siswa calon ketua kelas. Kedua orang siswa tersebut adalah Udin dan Edo. Selanjutnya, Beni dan temannya memilih ketua dan wakil ketua. Caranya dengan musyawarah lagi. Akhirnya yang terpilih Udin. Udin sebagai ketua kelas. Edo menerima dengan legowo.
Jawablah pertanyaan berikut!
1. Apa yang dilakukan Beni dan temannya?
2.Sebutkan nama calon ketua kelas yang terpilih!Beni dan temanya bermusyawarah untuk menentukan ketua kelas.
3.Bagaimana hasil musyawarah yang dilakukan?Udin dan Edo.
4.Apakah Edo menerima hasil pemilihan ketua kelas?Udin terpilih sebagai ketua kelas.
5.Mengapa kegiatan musyawarah perlu dilakukan? Berikan alasanmu!Edo menerima dengan legowo.
Musyawarah perlu dilakukan karena kegiatan musyawarah menghasilkan keputusan yang adil.
Ayo Berlatih
Apakah kamu pernah bermusyawarah? Tuliskan pengalamanmu tersebut. Ceritakan di depan kelas!
Pengalamanku Bermusyawarah
Saya pernah bermusyawarah untuk melaksanakan kegiatan membersihkan lingkungan kelas. Saya dan teman-teman berkumpul bersama. Kami membicarakan pembagian tugas serta peralatan yang akan digunakan untuk membersihkan kelas. Berdasarkan hasil musyawarah, diperoleh kesepakatan siapa yang bertugas untuk menyapu, mengepel, menata meja dan kursi, membersihkan papan tulis, serta menghias dinding. Keputusan tersebut kami setujui bersama dengan senang hati.
Beni dan temannya telah selesai belajar PPKn. Pelajaran selanjutnya olahraga.
Ayo Berlatih
Ayo tirukan gerakan berikut! Udin dan teman sekelas melakukan senam. Senam dilakukan di halaman sekolah.
Ayo Berlatih
Lakukan gerakan seperti gambar di atas! Lakukan secara berulang-ulang dengan hitungan. Variasikan gerakan senam tersebut.Orang tua membimbing anak di rumah.
Alhamdulillah untuk pertemuan hari ini kalian telah mengikutinya dengan baik.
Apakah anak-anak bahagia belajar hari ini? (refleksi)
Apakah anak-anak nyaman belajar hari ini?
Apa yang telah kalian pelajari hari ini? (Review)
Ya benar, kalian telah pembelajaran
tentang menemukan dan mengartikan kosakata baru yang terdapat dalam puisi anak tentang lingkungan yang diperdengarkan. Membaca indah dan mengoreksi kesalahan puisi anak tentang lingkungan (dengan lafal, intonasi, dan ekspresi dengan tepat). Menuliskan isi puisi anak tentang lingkungan dengan ejaan yang tepat dengan baik. Menunjukkan contoh dan menceritakan pengalaman perilaku di sekolah yang sesuai dengan sila keempat Pancasila. Menjelaskan dan mempraktekkan variasi gerak ayunan dalam aktivitas senam lantai.
Alhamdulillah jika anak-anak sudah memahami materi hari ini dengan perasaan yang bahagia.
Terimakasih atas kerjasamanya hari ini dalam pembelajaran. Tetap menjadi anak yang baik.
Mari kita tutup pembelajaran hari ini dengan berdoa. Yuk sebelum berdoa kita tepuk jari terlebih dahulu!
Tetap jaga kesehatan, selalu menjadi anak yang baik di rumah bersama keluarga kalian ya…
Ibu guru akhiri, Wassalamu’alaikum Wr.Wb