Materi Ajar Rabu 25 Januari 2023

Materi Pembelajaran

Hari/ Tanggal : Rabu, 25 Januari 2023

Tema 5 : Pengalamanku

Subtema 4 : Pengalamanku di Tempat Wisata 

Pembelajaran : 3 dan 4





Bismillah..
Assalamualaikum Anak sholih dan sholihah…
Bagaimana kabarnya hari ini?
Masih semangat kah Nak?
Inshaa Allah masih selalu semangat ya sayang…
Masya Allah… anak-anak hebat Ibu guru!



Pada Pembelajaran 3 dan 4 Tema 5 Subtema 4 Pengalamanku di Tempat Wisata akan mempelajari tentang membaca indah dan mengoreksi kesalahan pembacaan puisi anak tentang alam. Menemukan, menuliskan dan mengartikan kosakata baru yang terdapat dalam puisi anak tentang alam yang diperdengarkan. Memecahkan masalah sehari-hari tentang satuan panjang. Menyajikan penyelesaian masalah sehari-hari tentang panjang. Mengidentifikasi cara membuat dan menggunakan bahan buatan dan alat untuk membuat karya hiasan. Sebagai catatan tulisan ini hanya sebagai panduan saja ketika mengikuti kegiatan pembelajaran bersama Bapak/Ibu Guru.




Ayo Mengamati
Pulau Komodo
Ayo Berlatih
Perhatikan gambar di atas! Kemudian, buatlah pertanyaannya! Mintalah temanmu menjawabnya!
Pertanyaan: Di manakah lokasi Taman Nasional Komodo?
Jawaban teman: Pulau Komodo, Nusa Tenggara Timur

Pertanyaan: Apa makanan utama hewan komodo?
Jawaban teman: Komodo memakan doging.

Ayo Membaca
Nyanyikanlah lagu berikut! Lagu tentang “Desaku.” Beberapa temanmu membaca liriknya. Lirik lagu “Desaku” dibaca seperti puisi.

Desaku
(Pencipta: L. Manik)
Desaku yang kucinta
Pujaan hatiku
Tempat ayah dan bunda
Dan handai taulanku
Tak mudah kulupakan
Tak mudah bercerai
Selalu kurindukan
Desaku yang permai

Ayo Mengamati
Simaklah temanmu membaca puisi! Berikanlah pendapatmu! Tepatkah lafal, intonasi, dan ekspresinya?

Ayo Berdiskusi
Diskusikan dengan temanmu! Apa makna katakata berikut?
No.Kosa Kata BaruArti Kata
1.Desadaerah, dusun di luar kota
2.Pujaanorang yang dipuja
3.Handaikawan
4.Taulansahabat
5.Permaielok, indah

Perhatikan kolom berikut! Temukan kata-kata di atas! Dengarkan petunjuk gurumu!
TTS
Ayo Menulis
Coba tulis sebuah puisi! Puisi tentang Komodo. Gunakan kalimatmu sendiri!
Komodo
Wahai komodo hewan perkasa
Hewan endemik Indonesia
Salah satu hewan besar di dunia
Kau harus lestari dan dijaga

Gagah perkasa memburu mangsa
Sayang dirimu terancam binasa
Oleh ulah para manusia
Yang selalu gila harta

Kerjakan soal berikut dengan benar!
1. Panjang badan komodo 146 cm. Panjang ekor komodo 152 cm. Berapa meter panjang badan dan ekor komodo tersebut?
146+152=298 cm = 2,98 m

2. Komodo jantan panjangnya 314 cm. Komodo betina panjangnya 298 cm. Berapa cm panjang kedua komodo?
314+298= 612 cm = 6,12 m


3. Anak komodo panjang badannya 63 cm. Ekornya 56 cm. Berapa meterkah panjang badan dan ekor anak komodo?
63+56= 119 cm = 1.19 m

4. Anak komodo jantan panjangnya 65 cm. Anak komodo betina panjangnya 60 cm. Berapa meterkah panjang kedua anak komodo?
65+60=125 cm = 1.25 m

Petugas penjaga komodo sedang memberi makan. Makannya beberapa ekor ayam, itik, dan jenis unggas lainnya.

Ayo Mencoba
Beni membuat jenis hewan dari kain flanel. Coba lakukan seperti Beni. Caranya mudah!

Langkah-langkahnya seperti berikut.
  1. Sediakan pola hewan dengan kertas karton.
  2. Buat pola pada kain flanel. Bentuklah seperti hewan.
  3. Gunting kain flanel sesuai pola.
  4. Tempelkan yang sudah digunting hingga membentuk hewan.
Kain Flanel


Beni bersama keluarga pernah berwisata. Berwisata mengunjungi pulau Komodo. Pulau Komodo berada di Kabupaten Manggarai Barat.

Kabupaten tersebut berada di Provinsi Nusa Tenggara Timur. Di sana terdapat banyak komodo. Komodo pemakan daging. Seperti daging kambing atau daging unggas.



Beni tamasya ke Candi Borobudur. Tamasya disebut juga study tour. Beni meminta tolong pengunjung lain. Beni meminta untuk difoto.

Ayo Mengamati
Amatilah gambar berikut!
Beni Berfoto
Apa yang dilakukan Beni? Berfoto.
Bagaimana cara melakukannya? Beni meminta tolong kepada orang lain.

Gurumu akan membacakan teks percakapan. Percakapan Beni bersama orang yang baru dikenal. Dengarkan teks percakapan tersebut!

Beni:"Maaf mengganggu. Namaku Beni. Bolehkah meminta tolong mengambilkan foto dengan latar Candi Borobudur?"
Dev:“Oh, ya namaku Dev. Aku pengunjung Candi Borobudur. Bagaimana kalau bergantian mengambil fotonya?"

Ayo Berlatih
Sudahkah kamu mendengarkannya? Teks percakapan yang disampaikan gurumu? Buatlah pertanyaannya! Mintalah temanmu menjawabnya!
Pertanyaan: Apa yang dilakukan Beni?
Jawaban teman: Meminta tolong difotokan.

Pertanyaan: Siapa yang menolong memfotokan Beni?
Jawaban teman: Pengunujung candi bernama Dev

Pertanyaan : Di mana Beni mengambil foto?
Jawaban : Di lokasi candi Borobudur.

Ayo Menulis
Jawablah pertanyaan berikut!
1. Sebutkan alat untuk memfoto.
Kamera
2. Bagaimana cara meminta tolong yang baik?
Permisi, saya Beni, pengunjung Candi Borobudur. Bolehkah saya meminta tolong?.
3. Siapa yang meminta tolong?
Beni
4. Mengapa orang mau menolongnya?
Karena menolong dapat mempererat hubungan baik antarsesama.
5. Apa yang terjadi setelah berfoto?
Orang asing tersebut juga meminta tolong kepada Beni untuk memfotokan dirinya.

Ayo Berlatih
Gambar berikut menunjukkan sikap santun. Sikap Beni kepada orang lain. Latihlah dirimu menggunakan bahasa yang santun. Bahasa ketika meminta tolong. Lakukan bersama teman sebangkumu! Gunakan bahasamu sendiri!
Meminta Tolong
Beni dan teman-teman telah selesai mengunjungi Borobudur. Kemudian, melanjutkan membatik di sekitar Candi. Sebelum membatik, Beni mengukur panjang kain.


Panjang kain untuk dibatik. Panjang kain yang dibatik berbeda-beda.

Ayo Berlatih
Perhatikan data berikut! Data tentang panjang kain untuk membatik.
Kain Batik
Siti dan Lani belum mendapatkan kain. Kerjakanlah soal berikut! Hitunglah berdasarkan data di atas!


1. Berapakah panjang kain Meli dan Edo jika digabung? Hitunglah dalam satuan meter!
160 cm + 3m = 460 cm = 4,60 m
2. Setengah kain Beni diberikan kepada Siti. Berapa meter panjang kain Beni dan Dayu?
140 cm – 70 cm = 70 cm + 1,4m = 2,1 m
3. Setengah kain Beni diberikan kepada Siti. Berapa cm panjang kain Siti dan Udin?
140 cm – 70 cm = 70 cm + 2m = 270 cm = 2,70 m
4. Setengah kain Edo diberikan kepada Lani. Berapa cm panjang kain Lani dan Meli?
3m – 150 cm = 150 cm + 160 cm = 310 cm = 3,10 m

Kain hasil membatik dibawa pulang. Kain batik dijadikan bahan dasar hiasan. Hiasan bingkai foto. Hal ini sebagai pengalamannya di candi Borobudur.

Ayo Mencoba
Beni menghias bingkai foto dengan kain batik. Coba lakukan seperti Beni. Perhatikan langkah-langkahnya!
  1. Sediakan potongan kain batik, lem, foto, dan bingkai.
  2. Tempelkan potongan kain batik pada bingkai foto.
  3. Keringkan bingkai foto yang sudah dilem.
  4. Pajang foto kenang-kenanganmu 

Contoh bingkai foto Beni. Foto ketika di Candi Borobudur. Bingkainya dihias dengan kain batik.
Bingkai Foto
Alhamdulillah untuk pertemuan hari ini kalian telah mengikutinya dengan baik.


Alhamdulillah untuk pertemuan hari ini kalian telah mengikutinya dengan baik.

Apakah anak-anak bahagia belajar hari ini? (refleksi)

Apakah anak-anak nyaman belajar hari ini?

Apa yang telah kalian pelajari hari ini? (Review)

Ya benar, kalian telah membaca indah dan mengoreksi kesalahan pembacaan puisi anak tentang alam. Menemukan, menuliskan dan mengartikan kosakata baru yang terdapat dalam puisi anak tentang alam yang diperdengarkan. Memecahkan masalah sehari-hari tentang satuan panjang. Menyajikan penyelesaian masalah sehari-hari tentang panjang. Mengidentifikasi cara membuat dan menggunakan bahan buatan dan alat untuk membuat karya hiasan. 


Alhamdulillah jika anak-anak sudah memahami materi hari ini dengan perasaan yang bahagia.

Terimakasih atas kerjasamanya hari ini dalam pembelajaran. Tetap menjadi anak yang baik.

Mari kita tutup pembelajaran hari ini dengan berdoa.

Ibu guru akhiri, Wassalamu’alaikum Wr.Wb.

Postingan populer dari blog ini

Materi Rabu 14 Agustus 2024

MPLS DAY 2 ( Selasa 16 Juni 2024)

Kelas 2 Matematika dan Pendidikan Pancasila