Materi Ajar senin 09 Januari 2023

Tema 5 sub2 pb 1 dan 2

MATERI PEMBELAJARAN
 

Hari/ Tanggal : Senin, 09 Januari 2023

Tema 5            : Pengalamanku

Subtema 2      : Pengalamanku di Sekolah

Pembelajaran : 1 dan 2





PEMBUKAAN (10 menit)

Bismillah..
 anak sholih dan sholihah…

Bagaimana kabarnya hari ini?

Masha allah sehat semua ya sayang.

Alhamdulillah ketemu lagi dengan Bu rizqii semangat yaa dihari senin yang indah inii... bagaimana libur 2 hari nya tetap belajar dirumah kan anak sholeh dan sholeha ......
Tunjukkan semangat kalian .....

Yuukk.. sebelum memulai pelajaran, kita berdoa terlebih dahulu ya Nak..

Alhamdulillah…

Sekarang, Ibu guru mau mendengar kalian menyanyikan lagu Profil Pelajar Pancasila, sudah siap?

1… 2… 3….

Pada Pembeljaran 1 dan 2 Tema 5 Subtema 2 Pengalamanku di Sekolah akan mempelajari tentang mengidentifikasi bahanalami dan membuat karya imajinatif tiga dimensi dengan bahan alami. Mengidentifikasi ciri-cirikarya imajinatif tiga dimensi dengan bahan alami. Mendengarkan teks percakapan yang berhubungan dengan budaya minta tolong sebagaicermin hidup rukun dalam kemajemukan masyaraka tIndonesia. Mempraktikkan ungkapan santun dengan menggunakan kata “tolong” untuk hidup rukun dalam kemajemukan. Menentukan konversi satua npanjang (cm, m). Mengukur panjang benda dengan satuan baku yang sering digunakan (misalnya dan cm, m). Sebagai catatan tulisan ini hanya sebagai panduan saja ketika mengikuti kegiatan pembelajaran bersama Bapak/Ibu Guru.

Amatilah gambar berikut!
Beni
Liburan semester 1 telah berakhir.

Beni dan teman-temannya kembali ke sekolah

Apa yang dilakukan Beni?
Beni sedang memasang kaligrafi
Apa yang dilakukanteman-temannya?
Beni dan teman-temanya sedang menata ruang kelas
Pernahkah kamu melakukannya?
Saya pernah melakukanya.
Beni dan teman-temannya mendapat tugas.

Tugasini dilakukan saat liburan.

Apa tugasnya?

Tugasnya menghias vas bunga.

Ayo Mengamati
Amatilah gambar berikut!
Vas Bunga
Sebutkan bahan untuk membuat hiasan vas bunga.

Biji-bijian untuk menghias vas bunga.

Sebutkan biji-bijian yang digunakan.

Ayo Menulis!
Tuliskan bahan untuk menghias vas bunga!
Bahan yang dibutuhkan : Kertas berwarna, gunting, lem, biji-bijian, cat air, dan kuas.

Ayo Mencoba!
Kamu sudah mengetahui bahan untuk menghias vas bunga.

Sediakan bahan tersebut.

Juga sediakan lem dan sarung tangan.

Pilihlah pola hiasan seperti gambar berikut!
Contoh Vas
Ayo Menulis!
Kamu sudah menghias vas bunga.

Hasilnya merupakan karya hiasan vas bunga.

Tuliskan ciri-ciri karyamu!
Ciri ciri vas bunga

Ciri-ciri karya vas bungaku :
  1. Terbuat dari gerabah / plastik
  2. Berbentuk lonjong / kotak
  3. Biasanya dihias dengan ukiran
  4. Memiliki warna gelap / cerah
  5. Bentuknya menyerupai guci
Ayo Berlatih!
Beni bekerja secara kelompok.

Kelompoknya Beni sedang membuat hiasan vas bunga.

Beni dan kelompoknya berdiskusi.

Diskusi untuk menyelesaikan tugasnya.

Dengarkan gurumu membacakan percakapan Beni!
Beni : “Dayu, adakah lem untuk melekatkan biji-bijiannya?”
Dayu : “Itu ada Beni! Ada di depan Udin” (sambil menunjuk biji-bijian).
Beni : “Udin, tolong ambilkan biji-bijian yang berwarna merah, ya!”
Udin : “Baiklah, Beni!”
Beni : “Terima kasih, Udin!”
Buatlah pertanyaan sesuai teks percakapan! 

Mintalah temanmu menjawabnya!
Pertanyaan : Siapa yang meminta tolong diambilkan biji-bijian?
Jawaban Teman : Beni.

Ayo Menulis!
Jawablah pertanyaan berikut!

Jawaban berdasarkan percakapan Beni.
1. Apa yang dilakukan Beni bersama teman-temannya?
Beni dan teman-temannya sedang melekatkan biji-bijan pada vas bunga.
2. Siapa yang berniat membantu Beni?
Beni.
3. Apa yang ditanyakan Beni kepada Dayu?
“Dayu, adakah lem untuk melekatkan biji-bijiannya?”
4. Beni telah meminta tolong kepada Udin. Apa yang dikatakan Beni?
“Terima kasih, Udin!”
5. Apa arti perkataan Dayu terhadap Beni?
Lem yang digunakan untuk melekatkan biji-bijian ada di hadapan Udin

Kelompok Beni saling tolong-menolong. 

Tolong-menolong ketika membuat hiasan vas bunga.

Kelompok Beni selesai mengerjakan tugas.

Kegiatan dilanjutkan mengukur panjang benda.

Ayo Mengamati!
Amatilah gambar berikut!

Adakah benda-benda seperti gambar?

Ukurlah panjang benda tersebut!

Tuliskan hasilnya di bawah gambar!
Mengukur
Ubahlah ke dalam satuan meter (m)!
1. 90 cm = 0,9 m
2. 25 cm = 0,25 m
3. 100 cm = 1 m

Beni dan teman-temannya melakukan gotong-royong.

Gotong royong ini dilakukan di sekolah.

Siti menyapu halaman.

Dayu menyiram bunga.

Edo mengelap kaca.

Beni membantu guru memajang kaligrafi.

Ayo Mengamati!
Amatilah teks percakapan berikut!
Percakapan

Percakapan 2
Ayo Menulis!
Perhatikan percakapan di atas!

Kemudian, jawablah pertanyaan berikut!
1. Apa yang akan dilakukan Beni?
Membantu Bu Guru memajang kaligrafi di kelas.
2. Siapa yang ingin menolong Bu Guru?
Beni, Siti, Meli, dan Edo.
3. Sebutkan alat yang digunakan untuk kerja gotong royong!
Sapu, ember dan kemoceng
4. Tuliskan contoh ungkapan minta tolong!
Oleh karena itu, ibu minta tolong memajang kaligrafi di dinding kelas, ya!
5. Jelaskan makna ungkapan minta tolong dari teks di atas!
Minta tolong karena tidak dapat dilakukan sendiri
Ayo Mencoba!
Praktikkan teks percakapan di atas!

Bacalah di hadapan teman-temanmu!

Ayo Mencoba!
Beni berjinjit dengan satu kaki.

Cobalah gerakan tersebut.

Coba lakukan di halaman sekolahmu.

Tuliskan cara melakukan gerakannya.

Lakukan juga gerakan seperti berikut!
Berjinjit
Cara Melakukan Gerakan Berjinjit
  1. Berjinjit dengan satu kaki tangan direntang.
  2. Berjinjit dengan dua kaki tangan direntang.
  3. Berdiri dengan satu kaki sambil mengepakkan sayap.
  4. Berdiri dengan satu kaki badan dibungkukkan ke depan dan tangan direntangkan

Ayo Berlatih
Pernahkah kamu melihat kaligrafi?

Kaligrafi dapat mengingatkanmu kepada Tuhan.

Mengingat Tuhan dapat juga dilakukan dengan berdoa.

Berdoa merupakan perilaku yang sesuai sila pertama Pancasila.

 

PENUTUP (15 menit)

Alhamdulillah untuk pertemuan hari ini kalian telah mengikutinya dengan baik.

Apakah anak-anak bahagia belajar hari ini? (refleksi)

Apakah anak-anak nyaman belajar hari ini?

Apa yang telah kalian pelajari hari ini? (Review)

Ya benar, kalian telah pembelajaran tentang tentang mengidentifikasi bahanalami dan membuat karya imajinatif tiga dimensi dengan bahan alami. Mengidentifikasi ciri-cirikarya imajinatif tiga dimensi dengan bahan alami. Mendengarkan teks percakapan yang berhubungan dengan budaya minta tolong sebagaicermin hidup rukun dalam kemajemukan masyaraka tIndonesia. Mempraktikkan ungkapan santun dengan menggunakan kata “tolong” untuk hidup rukun dalam kemajemukan. Menentukan konversi satua npanjang (cm, m). Mengukur panjang benda dengan satuan baku yang sering digunakan (misalnya dan cm, m).  menemukan contoh ungkapan minta tolong sebagai cermin hidup rukun dalam kemajemukan masyarakat Indonesia yng terdapat pada teks percakapan. Menjelaskan makna ungkapan minta tolong yang ditemukan dari teks percakapan dengan bahasa sendiri. Mempraktikkan ungkapan santun dengan menggunakan kata “tolong” untuk hidup rukun dalam kemajemukan. Menjelaskan variasi gerak keseimbangan dan putaran dalam aktivitas senam lantai. Mempraktikkan variasi gerak keseimbangan dan putaran dalam aktivitas senam lantai. Menunjukkan contoh di sekolah yang sesuai dengan sila pertama Pancasila. Menceritakan tentang pengalaman menerapkan nilai-nilai Pancasila sila pertama di sekolah.

Alhamdulillah jika anak-anak sudah memahami materi hari ini dengan perasaan yang bahagia.

Terimakasih atas kerjasamanya hari ini dalam pembelajaran. Tetap menjadi anak yang baik.

Mari kita tutup pembelajaran hari ini dengan berdoa. Yuk sebelum berdoa kita tepuk jari terlebih dahulu!

Tetap jaga kesehatan, selalu menjadi anak yang baik di rumah bersama keluarga kalian ya…


Ibu guru akhiri, Wassalamu’alaikum Wr.Wb

Postingan populer dari blog ini

Materi Rabu 14 Agustus 2024

MPLS DAY 2 ( Selasa 16 Juni 2024)

Kelas 2 Matematika dan Pendidikan Pancasila