Materi Ajar Selasa 24 Januari 2023

Materi Pembelajaran

Hari/ Tanggal : Selasa, 24 Januari 2023

Tema 5 : Pengalamanku

Subtema 4 : Pengalamanku di Tempat Wisata
 
Pembelajaran : 1 dan 2





Bismillah..
Assalamualaikum Anak sholih dan sholihah…
Bagaimana kabarnya hari ini?
Masih semangat kah Nak?
Inshaa Allah masih selalu semangat ya sayang…
Masya Allah… anak-anak hebat Ibu guru!


 Pada Pembelajaran 1 dan 2 Tema 5 Subtema 4 Pengalamanku di Tempat Wisata akan membahas tentang membaca indah puisi anak  dan mengoreksi kesalahan pembacaan puisi anak tentang alam. Menemukan dan mengartikan kosakata baru yang terdapat dalam puisi anak tentang alam. Menuliskan isi puisi anak tentang alam dengan ejaan yang tepat. Mengidentifikasi ciri-ciri, alat dan bahan karya hiasan yang dibuat dengan bahan buatan. Memecahkan dan menyajikan penyelesaian masalah sehari hari tentang satuan panjang. menunjukkan contoh perilaku di rumah yang sesuai dengan sila keempat Pancasila. Menceritakan tentang pengalaman menerapkan nilai-nilai Pancasila sila keempat di rumah. Membaca indah dan mengoreksi kesalahan pembacaan puisi anak tentang alam Menemukan dan mengartikan kosakata baru yang terdapat dalam puisi anak. Menuliskan isi puisi anak tentang alam dengan ejaan yang tepat. Menjelaskan dan mempraktekkan variasi gerak melayang dalam aktivitas senam lantai. Sebagai catatan tulisan ini hanya sebagai panduan saja ketika mengikuti kegiatan pembelajaran bersama Bapak/Ibu guru.

Beni sering mengunjungi tempat wisata. Beni pergi ketika liburan. Juga ketika Beni study tour. Apakah “Study Tour ” itu? “Study tour” adalah kegiatan pembelajaran. Pembelajaran langsung ke lapangan. Tujuannya untuk melihat dan mengamati.

Ayo Mengamati
Study Tour
Apakah yang dilakukan Beni dan temannya? Pernahkah kamu melakukannya?
Beni dan teman-temanya sedang melakukan study tour. Saya juga pernah mengikuti study tour.

Ayo Mengamati
Perhatikan gambar berikut!
Taman Nasional Bantimurung
Siswa kelas dua pergi study tour. Study tour selama seminggu. Hari pertama berkunjung ke Taman Nasional. Nama tamannya Bantimurung. Bantimurung terletak di Sulawesi Selatan.

Ayo Membaca
Sambil istirahat siswa bernyayi. Lagunya “Pemandangan”. Sebagian siswa lainnya membaca puisi. Bacalah teks lagu berikut! Caranya seperti membaca puisi. Gunakan lafal, intonasi, dan ekspresi yang tepat!
Pemandangan
(Karya: A.T. Mahmud)
Memandang alam dari atas bukit
Sejauh pandang kulepaskan
Sungai tampak berliku
Sawah hijau terbentang
Bagai permadani di kaki langit
Gunung menjulang
Berpayung awan
Oh .. Indah pemandangan

Ayo Mengamati
Simaklah temanmu sedang membaca puisi! Tepatkah lafal, intonasi, dan ekspresinya? Berikan pendapatmu!
Lafal, intonasi, dan ekspresi temanku saat membaca puisi sudah tepat.


Ayo Menulis
Tuliskan puisi tentang alam!

Tema : Alam
Judul : Kupu-kupu yang Indah
Kerangka Puisi:
Kerangka Puisi
Isi Puisi:
Kupu-kupu yang Indah
Kau terbang dengan lincah
Ke sana ke mari di hari yang cerah
Di atas bunga berwarna merah
Kau terlihat begitu gagah

Terbangmu hendak ke mana
Bolehkah diam sebentar saja
Biar kunikmati indah sayapnya
Agar puas aku menatapnya

Periksalah hasil karya temanmu!
Nama pemeriksa: Udin
Tanda tangan,

Ayo Membaca
Bacalah puisi yang kamu tulis!

Ayo Mengamati
Beni melihat botol bekas minuman. Botol tersebut berserakan. Beni mempunyai ide. Beni ingin memanfaatkan botol tersebut
Botol Bekas
Ayo Berlatih
Amati gambar di atas!

Gambar tentang pemanfaatan botol bekas. Sekarang, buatlah pertanyaannya. Mintalah temanmu menjawabnya!
Pertanyaan: Apa manfaat botol bekas minuman?
Jawaban teman: Botol bekas minuman dapat dibuat pot tanaman.

Pertanyaan: Mengapa botol bekas minuman dibuat pot tanaman?
Jawaban teman: Karena dengan botol bekas minuman kita tidak perlu membeli pot.

Pertanyaan: Apa saja bahan untuk membuat pot dari botol bekas?
Jawaban teman: Bahannya, yaitu botol bekas minuman, tanah, air, dan tanaman.

Ayo Berkreasi
Ikutilah langkah berikut!

Hiasan Pot Botol Bekas
Tujuan: membuat hiasan pot botol bekas

Alat dan Bahan
1. Pola pot bekas
2. Cat warna
3. Kuas

Cara Membuat
1. Sediakan alat dan bahan
2. Gambar pola sesuai keinginan
3. Beri cat warna agar menarik
4. Jemur pot yang sudah dicat 

Hasil Kerja
Ciri-ciri hiasan yang dibuat dari botol bekas.
  1. Menggunakan botol bekas.
  2. Pola kepala hewan.
  3. Warna sesuai dengan pola hewan tertentu.

Cara membuat hiasan pot botol bekas adalah
  1. Pertama kali, siapkan botol bekas.
  2. Gambarlah pola pada pot botol bekas.
  3. Warnailah pola menggunakan kuas dan cat warna.
  4. Pilih warna yang menarik dan sesuai dengan pola gambar.
  5. Jemurlah pot yang sudah dicat supaya catnya kering.
  6. Hiasan pot botol bekasmu sudah jadi.

Ayo Mengamati
Ukuran botol bekas berbeda-beda. Botol ada yang tinggi. Botol ada juga yang pendek. 

Tinggi botol bekas pertama 26 cm. Tinggi botol bekas kedua 15 cm. Berapakah tinggi kedua botol tersebut?
Diketahui:
Tinggi botol pertama = 26 cm
Tinggi botol kedua = 15 cm
Ditanyakan tinggi kedua botol

Jawaban:
Tinggi kedua botol sama dengan tinggi botol 1 ditambah tinggi botol 2 
= 26 cm + 15 cm 
= 41 cm
Jadi, tinggi kedua botol adalah 41 cm

Ayo Berlatih
Kerjakan soal berikut! Kerjakan dengan benar!
1. Beni mempunyai 2 potong kain. Ukuran kedua kain berbeda. Kain pertama panjangnya 200 cm. Kain kedua panjangnya 500 cm. Berapa meter panjang kain semuanya?
Diketahui :
Panjang kain pertama 200 cm
Panjang kain kedua 500 cm
Ditanyakan panjang kain semuanya?

Jawab :
= 200 cm + 500 cm
= 700 cm
700 cm : 100 cm = 7 meter
Jadi panjang kain semuanya adalah 7 m
2. Panjang gapura kiri sama dengan gapura kanan. Panjang gapura kanan 3.500 cm. Jarak antara gapura kiri dan kanan 4.000 m. Berapa panjang gabungan ketiganya?
Diketahui :
Panjang gapura kanan = 350 cm
Panjang gapura kiri = 350 cm
Jarak antara gapura kiri dan kanan 400 cm

Ditanya : Panjang gabungan ketiganya ?

Jawab
= 350 + 350 + 400
= 1.100 cm

1 meter = 100 cm
1.100 cm : 100 cm = 11 meter
Jadi panjang gabungan ketiga gapura adalah 11 meter

3. Beni berjalan kaki menuju goa. Gua tersebut terdapat di taman nasional. Jarak gua dari taman nasional 70.000 cm. Beni ingin masuk ke dalam gua. Beni harus menempuh jarak 20.000 cm. Berapa meter jarak yang harus ditempuh Beni hingga sampai ke dalam gua?
Diketahui :
jarak goa dari taman nasional = 70.000 cm
Jarak ke dalam goa yg ditampuh = 20.000 cm

Ditanya : jarak (meter) yang harus di tempuh Beni hingga sampai ke dalam goa?

Jawab :
Jarak seluruh = jarak dari taman ke goa + jarak kedalam goa
= 70.000 cm + 20.000 cm
= (90.000 : 100) m
= 900 m
Jadi jarak yang harus di tempuh Beni hingga sampai ke dalam goa adalah 900 m

Liburan naik kelas telah selesai. Saat liburan Beni melakukan perjalanan. Beni ke kampung halaman papanya. Kampung papa Beni di Sumatra Barat. Ada Rumah Gadang di sana. Beni bertemu Siti di Rumah Gadang.

Ayo Mengamati
Amatilah percakapan berikut! Percakapan Beni dan kakaknya. Kakak Beni bernama Tiur.
Beni dan Tiur
Apa yang disampaikan Tiur kepada Beni?
Beni tidak boleh mengambil keputusan sendiri, harus dibicarakan dulu kepada kedua orang tuanya.

Sikap apakah yang dilakukan?
Bermusyawah.

Sesuai dengan sila ke berapakah sikapnya?
Sila ke-4.

Ayo Berlatih

Kamu tidak boleh mengambil keputusan sendiri. Ketika kamu pergi bersama. Inilah contoh sikap sesuai sila keempat Pancasila.
Berikan centang (v) pada gambar berikut! Contoh perilaku sesuai sila keempat Pancasila! Diskusikan dengan teman sebangkumu!
Musyawarah
Ayo Mengamati
Beni tidak mengambil keputusan sendiri. Ketika Beni menentukan ketua kelompok diskusi.Ayo Bercerita
Ceritakan pengalamanmu di rumah! Pengalaman menerapkan sila keempat Pancasila!
Saya pernah bermusyawarah dengan anggota keluarga di rumah. Kami berencana akan melakukan kegiatan wisata keluarga. Ada beberapa usulan mengenai tempat tujuan wisata. Namun akhirnya diputuskan untuk pergi ke kebun binatang. Kami memutuskan suatu perkara atau menyelesaikan suatu masalah dengan teman atau saudara dengan jalan musyawarah dan kepala dingin.

Sesampainya di Padang, Beni singgah. Beni singgah di Air Terjun Lubuak Tampuruang. Air Terjun Lubuak Tampuruang unik.

Seperti batok kelapa yang dibelah. Masih banyak terdapat air terjun di Sumatra Barat. Adakah air terjun di tempat tinggalmu? Adakah tempat wisata di daerahmu? Beni bernyanyi tentang air terjun.

Ayo Mengamati
Amatilah gambar berikut!
Air Terjuna
Ayo Berlatih
Perhatikan lagi gambar di atas! Buatlah pertanyaan sesuai gambar! Mintalah temanmu menjawabnya!
Pertanyaan: Apa yang terdapat pada gambar tersebut?
Jawaban teman: Pepohonan yang hijau dan air terjun.

Pertanyaan: Di mana terdapat air terjun?
Jawaban teman: Air terjun biasanya terdapat di lereng gunung.

Ayo Membaca
Bacalah teks lagu berikut! Lagu tentang “ Air Terjun.” Bacalah seperti puisi!

Air terjun
Dari jauh bunyi berderu-deru
Umpama angin yang bertiup kencang
Rupanya air yang terjun tinggi
Melompat-lompat dengan tak berhenti
Itulah air terjun namanya
Marilah kawanku kita mandi bersama
Simaklah temanmu membaca puisi! Berikanlah tanggapanmu! Gunakan bahasa yang sopan!

Ayo Berdiskusi
Diskusikan dengan temanmu! Diskusi tentang makna kata-kata berikut.
No.Kosa Kata BaruArti Kata
1.JauhTidak dekat
2.DeruBerbunyi keras gemuruh seperti air deras
3.UmpamaBerbunyi keras gemuruh seperti air deras
4.RupanyaKelihatannya atau tampak
5.TerjunMelompat turun

Kamu dapat menemukan makna kata di atas. Caranya dengan menyusun huruf berikut!
Makna Kata

Beni singgah di kampung Siti. Anak-anak di kampung Siti sedang main kelereng. Beni ikut bermain kelereng. Beni menang saat main kelereng. Beni sangat senang. Beni melompat. Beni juga berlari sambil melayang. Tahukah, kamu? Bagaimana gerakan melayang?


Ayo Mencoba
Perhatikan gambar berikut! Gambar tentang gerakan melayang. Lakukan bersama teman-temanmu!
Gerakan MelayangPerhatikan gerakan di atas! Tirukan gerakan melayang seperti di atas! Coba, lakukan gerakan melayang lainnya! Ceritakan pengalamanmu setelah bermain!

Alhamdulillah untuk pertemuan hari ini kalian telah mengikutinya dengan baik.

Apakah anak-anak bahagia belajar hari ini? (refleksi)

Apakah anak-anak nyaman belajar hari ini?

Apa yang telah kalian pelajari hari ini? (Review)

Ya benar, kalian telah membaca indah puisi anak  dan mengoreksi kesalahan pembacaan puisi anak tentang alam. Menemukan dan mengartikan kosakata baru yang terdapat dalam puisi anak tentang alam. Menuliskan isi puisi anak tentang alam dengan ejaan yang tepat. Mengidentifikasi ciri-ciri, alat dan bahan karya hiasan yang dibuat dengan bahan buatan. Memecahkan dan menyajikan penyelesaian masalah sehari hari tentang satuan panjang. menunjukkan contoh perilaku di rumah yang sesuai dengan sila keempat Pancasila. Menceritakan tentang pengalaman menerapkan nilai-nilai Pancasila sila keempat di rumah. Membaca indah dan mengoreksi kesalahan pembacaan puisi anak tentang alam Menemukan dan mengartikan kosakata baru yang terdapat dalam puisi anak. Menuliskan isi puisi anak tentang alam dengan ejaan yang tepat. Menjelaskan dan mempraktekkan variasi gerak melayang dalam aktivitas senam lantai.uai dengan iringan musik.

 
Alhamdulillah jika anak-anak sudah memahami materi hari ini dengan perasaan yang bahagia.

Terimakasih atas kerjasamanya hari ini dalam pembelajaran. Tetap menjadi anak yang baik.

Mari kita tutup pembelajaran hari ini dengan berdoa.

Ibu guru akhiri, Wassalamu’alaikum Wr.Wb.

Postingan populer dari blog ini

Materi Rabu 14 Agustus 2024

MPLS DAY 2 ( Selasa 16 Juni 2024)

Kelas 2 Matematika dan Pendidikan Pancasila