Materi Ajar Kamis 23 Februari 2023

Materi Pembelajaran

Hari/ Tanggal : Kamis, 23 Februari 2023

Tema 6 : Merawat Hewan dan Tumbuhan

Subtema 4 : Merawat Tumbuhan

Pembelajaran : 4 dan 5





Bismillah..


Assalamualaikum Anak sholih dan sholihah…
Bagaimana kabarnya hari ini?
Masih semangat kah Nak?
Inshaa Allah masih selalu semangat ya sayang…
Masya Allah… anak-anak hebat Ibu guru!

Pada Pembelajaran 4 dan 5 Tema 6 Subtema 4 Merawat Tumbuhan Tujuannya akan mempelajari tentang membuat dan membaca kalimat tanya dengan lafal dan intonasi yang tepat. Menyebutkan dan membandingkan ukuran berat benda yang satu lebih berat daripada benda  yang lain. Menentukan bahan dan membuat karya kreasi dari bahan buatan dengan benar. menyebutkan manfaat aturan dalam kehidupan sehari-hari di sekolah dan melakukan kegiatan sesuai aturan di sekolah. Menjelaskan prosedur gerak menekuk sesuai ketukan dengan benar dan mempraktikkan prosedur gerak meliuk sesuai ketukan dengan benar. Dengan membaca teks percakapan, siswa dapat menemukan penggunaan tanda tanya dengan benar. Dengan mengamati teks percakapan, siswa dapat membaca kalimat tanya dengan lafal dan intonasi yang tepat.
Sebagai catatan tulisan ini hanya sebagai panduan saja ketika mengikuti kegiatan pembelajaran bersama Bapak/Ibu guru.

Di sekolah Siti, banyak terdapat tanaman kaktus. Tanaman kaktus ditanam di dalam pot. Tanaman kaktus membutuhkan sedikit air untuk tumbuh. Siti bertugas menyiram kaktus 3 hari sekali.

Ayo Membaca
Bacalah teks berikut.
Tanaman Hias
Ada berbagai macam tanaman hias. Kaktus adalah salah satunya. Pernahkah kamu melihat tanaman kaktus? Kaktus adalah tanaman yang tumbuh di daerah kering seperti gurun. Daun kaktus biasanya berduri.
Kaktus tidak membutuhkan air yang banyak untuk hidup. Kaktus dapat menyimpan air pada batangnya. Siti, Beni, Dayu, dan Udin membawa tanaman kaktus dalam pot. Di sekolah, Siti bertugas menyiramnya setiap 3 hari sekali.

Ayo Berdiskusi
Bersama dengan teman sebangkumu, susunlah kalimat tanya berikut. Kemudian, jawablah sesuai bacaan di atas. Pilihlah kata tanya sebagai awal kata pada kalimat. Gunakan huruf kapital di awal kalimat. Gunakan tanda tanya di akhir kalimat. Gunakan huruf tegak bersambung.
Perhatikan contoh: membawa – siapa – dalam pot – tanaman kaktus – yang
Pertanyaan : Siapa yang membawa tanaman kaktus dalam pot.
Jawaban : Siti, Dayu, Beni, dan Udin membawa tanaman kaktus dalam pot.
Huruf tegak
Ayo Berkreasi
Kita akan melanjutkan kegiatan membuat bunga pada pembelajaran sebelumnya. Setelah membuat bunga, ayo kita tambahkan tangkai daunnya. Tentukan bahan untuk membuat tangkainya, misalnya dari sedotan minuman. Pasangkan bunga yang sudah kamu buat pada tangkainya.

Ayo Mengamati
Tanaman hias ditanam di dalam pot. Ibu Dayu ingin menggantung tanaman-tanaman hias di atap teras rumah. Supaya tidak terlalu berat, pot-pot itu ditimbang terlebih dahulu. Ada pot yang beratnya 5 ons. Ada pot yang beratnya 2 ons.
Tanaman Kaktus
Ayo Berlatih
Berilah tanda >, <, =
Soal
Ayo Renungkan
Warnai lambang 🙂 jika pernyataan sesuai denganmu.
Warnai lambang 🙁 jika pernyataan tidak sesuai.
Ayo Renungkan

Di halaman sekolah Siti, terdapat banyak tanaman. Tanaman itu dirawat dengan baik oleh tukang kebun sekolah. Setiap siswa mendapat tugas merawat tanaman di dalam pot yang terdapat di dekat kelas. Siti, Beni, dan Dayu sedang mengamati tukang kebun bekerja.

Ayo Membaca
Bacalah percakapan berikut dengan intonasi yang tepat.
percakapan

 Beni : Permisi, Pak. Apa yang sedang Bapak kerjakan?
Tukang Kebun : Bapak sedang mencabuti rumput liar di sekitar tanaman, Nak.
Siti : Mengapa rumput liar harus dicabuti, Pak?
Tukang kebun : Rumput liar harus dicabuti supaya tidak mengganggu pertumbuhan tanaman di sekitarnya.
Dayu : Bagaimana cara agar rumput liar tidak tumbuh lagi, Pak?
Tukang Kebun : Caranya, cabutlah rumput liar hingga ke akarnya.
Beni : Bolehkah kami membantu, Pak?
Tukang kebun : Boleh, Beni. Jangan lupa cuci tanganmu setelah selesai. 
Siti, Beni, dan Dayu: Baik, Pak.

Ayo Berdiskusi
Berdiskusilah dengan teman sebangkumu mengenai pertanyaan-pertanyaan berikut.
1. Kata tanya apa saja yang digunakan dalam percakapan di atas?
2. Kata tanya apakah yang digunakan untuk menanyakan sebab dan alasan?
3. Kata tanya apakah yang digunakan untuk menanyakan cara?

Tuliskan jawaban kalian pada kotak yang tersedia.
Hasil diskusiku
  1. Kata tanya mengapa, bagaimana dan bolehkah.
  2. Kata tanya mengapa.
  3. Kata tanya bagaimana.
Kata tanya “mengapa” digunakan untuk menanyakan sebab dan alasan. Kata tanya “bagaimana” digunakan untuk menanyakan cara.
Ayo Berlatih
Isilah titik-titik pada kalimat tanya berikut, dengan kata tanya “mengapa” dan “bagaimana”. Gunakan huruf tegak bersambung!
Pertanyaan
Cobalah membuat kalimat tanyamu sendiri. Satu kalimat menggunakan kata tanya “mengapa”. Satu kalimat lainnya menggunakan kata tanya “bagaimana”. Tuliskan juga jawaban dari pertanyaanmu.
Ingatlah hal-hal berikut! Gunakan huruf kapital pada awal kalimat. Gunakan tanda tanya pada akhir kalimat. Gunakan huruf tegak bersambung.
Jawaban
Ayo Bermain Peran
Pernahkah kamu mengamati rumput yang tinggi? Apa yang terjadi jika rumput tersebut tertiup angin? Dapatkah kamu menirukan gerakan rumput yang tertiup angin?

Bayangkan bahwa kakimu tertanam di tanah dan badanmu tertiup angin. Angin bertiup dari kanan. Liukkan pinggangmu ke kiri. Lakukan dalam 8 kali hitungan.
Senam
Lalu, angin berubah arah. Angin bertiup dari kiri. Liukkan pinggangmu ke kanan. Lakukan dalam 8 kali hitungan. Angin kembali berubah arah. Kali ini, angin bertiup dari belakang. Liukkan badanmu ke depan. Lakukan dalam 8 kali hitungan.

Sekarang, cobalah berpasang-pasangan dalam melakukan gerakan ini. Satu anak akan memberi perintah, dan anak lainnya akan melakukan gerakan. Ayo, meliuk-liuk seperti rumput! Lakukan sesuai ketukan.

Ayo Berdiskusi
Setiap siswa kelas 2 ditugaskan untuk merawat tanaman yang ada di sekolah. Hal itu dilakukan di pagi hari sebelum masuk kelas. Siti dan Beni ditugaskan pada hari Senin. Dayu dan Lani ditugaskan pada hari Selasa. Lina dan Niko ditugaskan pada hari Rabu. Pada hari Rabu, Niko datang terlambat. Lina harus mengerjakan tugasnya sendirian.

Diskusikan dengan temanmu hal-hal berikut ini.
1. Bagaimana pendapatmu mengenai Niko yang terlambat?
2. Apakah yang dilakukan Niko sesuai dengan tata tertib?
3. Apa yang terjadi jika Niko datang tepat waktu?
4. Apa yang akan kalian lakukan jika ada teman kalian yang melakukan hal seperti Niko?

Tuliskan hasil diskusi kalian pada kotak yang tersedia.
Niko
Ayo Berlatih
Pasangkan tata tertib sekolah berikut dengan manfaat yang tepat.
Tata Tertib
Ayo Bercerita
Ceritakan pengalamanmu ketika melakukan piket kelas. Supaya memudahkan bercerita, jawablah pertanyaan berikut!
Tugas Piket
Ayo Renungkan
Tuliskan hal yang paling kamu sukai pada pembelajaran hari ini. Adakah hal sulit untuk kamu kerjakan?

Yang paling aku sukai adalah:membaca percakapan
Yang masih sulit untukku adalah: menulis huruf tegak bersambung.


Alhamdulillah untuk pertemuan hari ini kalian telah mengikutinya dengan baik.

Apakah anak-anak bahagia belajar hari ini? (refleksi)

Apakah anak-anak nyaman belajar hari ini?

Apa yang telah kalian pelajari hari ini? (Review)

Ya benar, kalian telah membuat dan membaca kalimat tanya dengan lafal dan intonasi yang tepat. Menyebutkan dan membandingkan ukuran berat benda yang satu lebih berat daripada benda  yang lain. Menentukan bahan dan membuat karya kreasi dari bahan buatan dengan benar. menyebutkan manfaat aturan dalam kehidupan sehari-hari di sekolah dan melakukan kegiatan sesuai aturan di sekolah. Menjelaskan prosedur gerak menekuk sesuai ketukan dengan benar dan mempraktikkan prosedur gerak meliuk sesuai ketukan dengan benar. Dengan membaca teks percakapan, siswa dapat menemukan penggunaan tanda tanya dengan benar. Dengan mengamati teks percakapan, siswa dapat membaca kalimat tanya dengan lafal dan intonasi yang tepat.


Alhamdulillah jika anak-anak sudah memahami materi hari ini dengan perasaan yang bahagia.

Terimakasih atas kerjasamanya hari ini dalam pembelajaran. Tetap menjadi anak yang baik.

Mari kita tutup pembelajaran hari ini dengan berdoa.

Ibu guru akhiri, Wassalamu’alaikum Wr.Wb.
 

Postingan populer dari blog ini

Materi Rabu 14 Agustus 2024

MPLS DAY 2 ( Selasa 16 Juni 2024)

Kelas 2 Matematika dan Pendidikan Pancasila