Materi Ajar Senin 20 Februari 2023

Materi Pembelajaran

Hari/ Tanggal : Senin, 20 Februari 2023

Tema 6 : Merawat Hewan dan Tumbuhan

Subtema 4 : Merawat Tumbuhan

Pembelajaran : 1 dan 2





Bismillah..


Assalamualaikum Anak sholih dan sholihah…
Bagaimana kabarnya hari ini?
Masih semangat kah Nak?
Inshaa Allah masih selalu semangat ya sayang…
Masya Allah… anak-anak hebat Ibu guru!





Pada Pembelajaran 1 dan 2 Tema 6 Subtema 4 Merawat Tumbuhan tujuannya akan mempelajari tentang menemukan penggunaan tanda tanya dalam kalimat tanya. Membaca kalimat tanya dengan lafal dan intonasi yang tepat. Menyebutkan ukuran berat benda yang satu lebih berat daripada benda yang lain. Membandingkan berat dua benda. Menentukan bahan yang digunakan dan membuat karya kreasi dari bahan buatan dengan benar. menyebutkan manfaat dan mensimulasikan aturan dalam kehidupan sehari-hari di sekolah. Menjelaskan prosedur san melakukan gerak menekuk sesuai ketukan. Menemukan penggunaan tanda tanya dan membaca kalimat tanya dengan lafal dan intonasi yang tepat. Sebagai catatan tulisan ini hanya sebagai panduan saja ketika mengikuti kegiatan pembelajaran bersama Bapak/Ibu guru.
Halaman rumah Siti ditumbuhi berbagai tanaman bunga.Bunga-bunga bermekaran indah sekali.Siti rajin merawat tanaman-tanaman tersebut.

Ayo Membaca
Bacalah percakapan berikut dengan teman di sebelahmu. Ayah dan Siti sedang merawat tanaman di halaman rumah. Ayah memberi pupuk pada tanaman-tanaman tersebut.
Percakapan
Ayo Berdiskusi
Bersama dengan teman sebangkumu, diskusikan pernyataan di bawah ini. Warnai lambang 🙂 jika pernyataan sesuai percakapan. Warnai lambang 🙁 pada tabel jika pernyataan tidak sesuai percakapan.
Kalimat Tanya
Penulisan kalimat tanya biasa diawali dengan kata tanya. Penulisan kalimat tanya selalu diakhiri dengan tanda tanya (?). Intonasi dalam kalimat tanya berbeda dengan kalimat pemberitahuan.

Coba tuliskan kata tanya lainnya yang kamu ketahui. Tuliskan satu kata tanya pada satu kotak yang disediakan. Diskusikan dengan temanmu. Apakah temanmu memiliki kata yang sama?
Kata Tanya


Ayo Berlatih
Buatlah pertanyaan yang dimulai dengan kata tanya yang kalian tulis pada kotak di atas. Gunakan tanda tanya pada akhir kalimat. Gunakan huruf tegak bersambung. Kemudian, berlatihlah bertanya dengan kalimat yang kalian buat. Ingatlah untuk menggunakan nada dan intonasi yang tepat saat bertanya.

Perhatikan contoh: Siapa nama guru kelasmu?
Kalimat Tanya
Sekarang, baca kembali percakapan Ayah dan Siti sebelumnya. Ingatlah untuk menggunakan intonasi dan nada bertanya dengan tepat.

Ayo Mengamati
Tanaman memerlukan air dan pupuk agar tumbuh subur. Ayah mengajak Siti membeli pupuk di toko tanaman. Di toko tanaman ada pupuk dikemas dalam beberapa ukuran. Ada ukuran 1 kg, 2 kg, 5 kg, dan 10 kg. Ayah ingin membeli pupuk sebanyak 20 kg. Di toko tanaman, hanya tersedia satu kemasan 10 kg.

Ayo, bantu ayah Siti agar mendapatkan pupuk sebanyak 20 kg.

Setelah sampai di rumah, pupuk yang dibeli Ayah dimasukkan ke dalam kantong-kantong plastik yang lebih kecil. Setiap kantong berisi 5 ons pupuk. Ada berapa kantong plastik yang dibutuhkan agar pupuk-pupuk tersebut dapat dipindahkan semua ke dalam kantong plastik?

Diketahui:
Banyak pupuk = 20 kg
Tiap plastik berisi = 5 ons

Ditanya:
Banyak kantong plastik yang dibutuhkan Ayah

Jawab:
Banyak kontong plastik yang dibutuhkan
= Banyak pupuk : Berat isi tiap plastik
= 20 kg : 5 ons

Kita ubah satuannya menjadi ons semua, dari kg diubah jadi ons, lihat tangga diatas, turun 1 tangga, artinya kita kali 10.
20 kg = 20 x 10 = 200 ons
= 20 kg : 5 ons
= 200 ons : 5 ons
= 40 kantong plastik
Banyak kantong plastik yang dibutuhkan Ayah adalah 40 kantong plastik.

Ayo Berlatih
Berilah tanda >, <, atau =
Soal Latihan
Ayo Berkreasi
Selain merawat tanaman, ibu Dayu juga suka berkreasi. Kali ini, ibu Dayu berkreasi dengan menggunakan karton bekas tisu gulung. Ibu Dayu akan membuat hiasan vas bunga dari karton bekas tisu gulung.
Vas Bunga
Alat dan bahan:
  1. Karton bekas tisu gulung atau karton berwarna cokelat.
  2. Kertas warna
  3. Lem kertas
  4. Pensil
  5. Gunting

Cara Membuat:
  1. Siapkan karton bekas tisu gulung.
  2. Kamu juga dapat membuat gulungan kertas itu dari kertas karton warna cokelat.
  3. Hiaslah kertas karton bekas tisu gulung dengan hiasan dari kertas warna.
  4. Buatlah gambar pada kertas warna sesuai keinginanmu.
  5. Guntinglah gambar hiasanmu itu. Hati-hati menggunakan gunting.
  6. Tempelkan hiasan dari kertas warna itu pada karton bekas tisu gulung.

Ayo Renungkan
Tuliskan hal yang paling kamu sukai pada pembelajaran hari ini. Adakah hal sulit untuk kamu kerjakan?

Kegiatan yang paling menyenangkan hari ini adalah : Membuat hiasan vas bunga
Kegiatan yang paling sulit hari ini adalah : Membuat kalimat tanya

Halaman sekolah sangat indah. Banyak tanaman hijau terawat. Semua siswa wajib menjaga dan merawat tanaman yang ada. Tanaman tidak boleh dirusak dan diinjak.

Ayo Membaca
Merawat tanaman di sekolah adalah hal yang harus dilakukan semua siswa. Tanaman di halaman sekolah membuat sekolah tampak indah. Tanaman di halaman sekolah jangan diinjak. Jangan pula membuang sampah di halaman sekolah.

Jika tanaman diinjak, tanaman akan rusak. Halaman sekolah tidak akan tampak indah lagi. Membuang sampah di halaman sekolah, membuat lingkungan tampak kotor. Membuat lingkungan sekolah bersih dan indah adalah kewajiban semua siswa.

Ayo Berdiskusi
Bacaan di atas merupakan contoh pentingnya menaati peraturan untuk merawat tanaman sekolah. Bentuklah kelompok yang terdiri atas 3 orang. Bersama dengan teman kelompokmu, jawablah pertanyaan berikut.

1. Apa saja tata tertib untuk merawat tanaman di sekolahmu!
  • Tanaman di halaman sekolah jangan diinjak. 
  • Tidak menginjak rumput
  • Tidak memetik bunga sembarangan.
2. Siapakah yang harus menaati tata tertib tersebut?
Semua warga sekolah.
3. Apa yang terjadi jika kita tidak mematuhi tata tertib tersebut?
Jika kita tidak mematuhi tata tertib sekolah tersebut tanaman akan rusak.
Contoh tata tertib merawat tanaman di sekolahku adalah
Tanaman harus disiram setiap hari oleh petugas piket.
Yang harus mematuhi tata tertib itu adalah
Semua warga di sekolah.
Peraturan tersebut harus dipatuhi karena
Tanaman akan rusak atau mati jika tidak dirawat.
Lakukan kegiatan bermain peran bersama dengan teman kelompokmu. Buatlah teks percakapan dengan cara sebagai berikut.
  1. Pilihlah satu peraturan untuk dibuat percakapan. Buatlah kalimat yang menunjukkan ada anak yang tidak bisa menjalankan tugas sekolah. Contoh: Lani tidak masuk sekolah. Padahal, dia bertugas menyiram bunga.
  2. Kemudian, teman yang lainnya mengingatkan untuk menggantikan tugas itu. Contoh: Ayo, kita gantikan tugas Lani menyiram bunga.
  3. Berikan pula alasan pentingnya mematuhi peraturan tersebut. Contoh: Tanaman harus disiram supaya tumbuh subur.
Teks percakapan menjadi seperti berikut.
Dayu : Lani tidak masuk sekolah, padahal dia bertugas menyiram bunga.
Siti : Ayo, kita menggantikan tugas Lani!
Dayu : Mengapa kita harus menyiram tanaman?
Edo : Tanaman harus disiram supaya tumbuh subur.

Ayo Mengamati
Niko dan Beni berteman baik. Mereka tidak pernah bertengkar dan selalu bermain bersama. Beni suka bermain menjaga keseimbangan.

Beni bisa berdiri dengan satu kaki, dan kaki yang lainnya menekuk ke depan. Beni bisa berdiri dengan satu kaki, dan kaki lainnya menekuk ke belakang. Beni juga bisa berdiri dengan satu kaki, dan kaki lainnya menekuk ke samping.
Menekuk
Ayo Berlatih
Bersama dengan temanmu, tirukan gerakan Beni menekuk kaki ke depan, ke belakang, dan ke samping. Hitunglah berapa lama kalian dapat berdiri dengan satu kaki, dan kaki lainnya menekuk. Siswa yang paling lama menekuk kakinya, jadi pemenangnya.

Ayo Membaca
Bersama dengan teman sebangkumu, bacalah percakapan Lina dan Dayu dengan nada dan intonasi yang tepat.

Lina : Dayu, bunga matahari yang ku tanam sedang berbunga.
Dayu : Pasti bagus sekali.! Bolehkah aku datang melihat?
Lina : Tentu saja boleh.
Dayu : Siapa yang merawatnya setiap hari, Lina?
Lina : Aku dan ibuku bergantian menyiramnya setiap hari.
Dayu : Dimana kamu menanamnya?
Lina : Aku menanamnya di halaman belakang rumahku.
Dayu : Apa saja yang dibutuhkan agar bunga matahari bisa tumbuh?
Lina : Tanah yang subur, air, sinar matahari, dan pupuk. Kapan kamu mau datang ke rumahku?
Dayu : Sore ini setelah pulang sekolah.
Lina : Baiklah, sampai nanti, Dayu.!

Ayo Berdiskusi
Siapakah yang banyak bertanya pada percakapan di atas?
Dayu.
Kata tanya apa saja yang digunakan dalam percakapan?
Bolehkah, siapa, di mana, apa, dan kapan.
Apa saja yang menandakan kalimat tanya?
Di awali dengan kata tanya dan di akhiri dengan tanda tanya.

Awali kalimat tanya dengan kata tanya, dan akhiri dengan tanda tanya.

Ayo Berlatih
Lengkapilah kalimat tanya berikut dengan kata tanya yang ada di dalam kotak. Jawaban di bawah pertanyaan akan membantu kalian.
Kata Tanya
1. Siapa yang menanam bunga matahari ini?
Yang menanam bunga matahari ini adalah ibu Lina.
2. Kapan Lina menyiram tanaman di halaman?
Lina menyiram tanaman setiap sore.
3. Berapa batang bunga matahari yang tumbuh?
Ada 4 batang bunga matahari yang tumbuh.
4. Apa yang dibutuhkan agar tanaman bisa tumbuh?
Tanaman membutuhkan air dan sinar matahari.
5. Mengapa bunga matahari harus disiram setiap hari?
Bunga matahari harus disiram setiap hari agar tidak layu.
Ayo Renungkan
1. Sebutkan 2 alasan pentingnya mematuhi tata tertib merawat tanaman di sekolah.
Membuat siswa menjadi lebih peduli terhadap lingkungan di sekitar dan menciptakan lingkungan yang bersih dan indah.
2. Sebutkan gerakan menekuk yang dapat kamu lakukan.
Berdiri satu kaki menekuk ke depan ke belakang, dan ke samping.
3. Sebutkan kata tanya yang kamu ketahui.

Apa, mengapa, siapa di mana, dari mana, ke mana, kapan, berapa, bagaimana

Alhamdulillah untuk pertemuan hari ini kalian telah mengikutinya dengan baik.  
Apakah anak-anak bahagia belajar hari ini? (refleksi)
Apakah anak-anak nyaman belajar hari ini?
Apa yang telah kalian pelajari hari ini? (Review)
Ya benar, kalian sudah mempelajari tentang menemukan penggunaan tanda tanya dalam kalimat tanya. Membaca kalimat tanya dengan lafal dan intonasi yang tepat. Menyebutkan ukuran berat benda yang satu lebih berat daripada benda yang lain. Membandingkan berat dua benda. Menentukan bahan yang digunakan dan membuat karya kreasi dari bahan buatan dengan benar. menyebutkan manfaat dan mensimulasikan aturan dalam kehidupan sehari-hari di sekolah. Menjelaskan prosedur san melakukan gerak menekuk sesuai ketukan. Menemukan penggunaan tanda tanya dan membaca kalimat tanya dengan lafal dan intonasi yang tepat.
Alhamdulillah jika anak-anak sudah memahami materi hari ini dengan perasaan yang bahagia.
Terimakasih atas kerjasamanya hari ini dalam pembelajaran. Tetap menjadi anak yang baik.
Mari kita tutup pembelajaran hari ini dengan berdoa.
Ibu guru akhiri, Wassalamu’alaikum Wr.Wb.

Postingan populer dari blog ini

Materi Rabu 14 Agustus 2024

MPLS DAY 2 ( Selasa 16 Juni 2024)

Kelas 2 Matematika dan Pendidikan Pancasila