Materi Ajar Kamis 25 Januari 2024
MATERI PEMBELAJARAN
Hari/ Tanggal : Kamis 25 Januari 2024
Tema 5 : Pengalamanku
Subtema 3 : Pengalamanku di Tempat Bermain
Pembelajaran : 3
Bismillah..
anak sholih dan sholihah…
Alhamdulillah…
Pada Pembelajaran 4 Tema 5 Subtema 3 Pengalamanku di Tempat Bermain akan mempelajari tentang membaca indah puisi anak tentang lingkungan.dan mengoreksi kesalahan pembacaan puisi anak tentang lingkungan Menemukan, menuliskan dan mengartikan kosakata baru yang terdapat dalam puisi anak tentang lingkungan mengamati berbagai gambar alat ukur, siswa dapat menentukan konversi satuan panjang (cm, m). Mengukur panjang benda dengan satuan baku yang sering digunakan (misalnya cm dan m). Mengidentifikasi dan melakukan gerak bagian anggota tubuh dalam bentuk tarian menggunakan gabungan level dengan pola lantai yang sesuai dengan iringan. Sebagai catatan tulisan ini hanya sebagai panduan saja ketika mengikuti kegiatan pembelajaran bersama Bapak/Ibu guru.
Beni melihat teman-temannya latihan drama. Beni melihatnya minggu lalu. Pada drama tersebut pemerannya membacakan puisi. Puisi yang dibacakan seperti berikut.
Bacakan puisi tersebut ke depan kelas! Gunakan tekanan dan ekspresi yang tepat!
Ayo Berlatih
Buatlah pertanyaan berdasarkan puisi di atas. Tukarkan dengan teman sebangkumu. Jawab pertanyaan tersebut dengan benar!
Pertanyaan: Apa yang dilakukan kupu-kupu?
Jawaban teman: Hilir-mudik mencari Bunga-bunga yang kembang.
Ayo Berlatih
Temukan kosakata baru pada puisi di atas! Tuliskan pada kolom berikut!
Ayo Menulis
No. Kosa Kata Baru 1. Elok 2.. Hilir 3. Mudik 4. Semerbak 5. Senda
Coba kamu tulis puisi sendiri! Belajarlah ke luar kelas. Amati lingkungan di sekitarmu. Buatlah puisi dengan kata-katamu sendiri. Sesuaikan puisinya dengan lingkungan yang kamu amati. Tuangkan pada kolom berikut. Bacakan hasilnya di depan teman-temanmu!
Taman BungakuKulihat taman bungakuKupandang tak pernah jemuBunga-bunganya sangat cantikTersiram oleh hujan rintik-rintik.Tamanku jangan kau layuKan kusiram setiap pagiAgar engkau mekar selaluMembuat bahagia sekujur hati.
Pohon cemara di rumah Dayu roboh. Roboh dikarenakan tertiup angin. Pohon cemara yang roboh panjangnya 2 meter 60 cm.
Satuan meter dan sentimeter adalah satuan baku. Satuan baku dapat digunakan untuk mengukur panjang. Satuan meter disimbolkan dengan m. Satuan sentimeter disimbolkan dengan cm.
Berikut ini macam-macam alat ukur. Alat digunakan untuk mengukur dengan satuan meter. Juga dengan satuan sentimeter. Sebutkan kegunaan alat-alat tersebut.
Perhatikan data di atas!Ayo BerlatihBeni melihat temannya berlatih drama. Jarak Beni dengan teman yang berlatih 4 m. Alat untuk mengukur jarak adalah meteran saku.Lani mengukur panjang papan tulis. Setelah diukur panjangnya 300 cm. Artinya panjang papan tulis tersebut sama dengan 3 m. Alat ukur yang tepat untuk mengukur papan tulis adalah meteran saku.Data tinggi badan teman-teman Beni
Teman Beni yang paling tinggi adalah Edo.
Teman Beni yang bernama Siti dan Dayu ukuran tubuhnya paling pendek.
Coba urutkanlah nama teman-teman Beni dari yang pendek hingga yang tertinggi.Siti, Dayu, Lani, Udi, dan Edo.
Beni dan temannya sudah belajar Matematika. Kemudian, jam pelajaran berikutnya olahraga.
Ayo Mengamati
Perhatikan gambar berikut! Gerak Bunga Mawar di Taman
Tirukan gerakan di atas. Tirukan bersama temanmu. Jika menirukannya kompak akan membentuk tarian. Lakukanlah gerakan tersebut tanpa musik. Kemudian, lakukan dengan iringan musik.
Ayo Berlatih
Variasikanlah gerakan tangan dan kakimu. Tingkatkan terus gerakannya. Dari rendah, sedang, ke tinggi. Akhirnya, kamu akan menjadi mahir.
Alhamdulillah untuk pertemuan hari ini kalian telah mengikutinya dengan baik.
Apakah anak-anak bahagia belajar hari ini? (refleksi)
Apakah anak-anak nyaman belajar hari ini?
Apa yang telah kalian pelajari hari ini? (Review)
Ya benar, kalian telah pembelajaran
mempelajari tentang membaca indah puisi anak tentang lingkungan.dan mengoreksi kesalahan pembacaan puisi anak tentang lingkungan Menemukan, menuliskan dan mengartikan kosakata baru yang terdapat dalam puisi anak tentang lingkungan mengamati berbagai gambar alat ukur, siswa dapat menentukan konversi satuan panjang (cm, m). Mengukur panjang benda dengan satuan baku yang sering digunakan (misalnya cm dan m). Mengidentifikasi dan melakukan gerak bagian anggota tubuh dalam bentuk tarian menggunakan gabungan level dengan pola lantai yang sesuai dengan iringan.Alhamdulillah jika anak-anak sudah memahami materi hari ini dengan perasaan yang bahagia.
Terimakasih atas kerjasamanya hari ini dalam pembelajaran. Tetap menjadi anak yang baik.
Mari kita tutup pembelajaran hari ini dengan berdoa. Yuk sebelum berdoa kita tepuk jari terlebih dahulu!
Tetap jaga kesehatan, selalu menjadi anak yang baik di rumah bersama keluarga kalian ya…
Ibu guru akhiri, Wassalamu’alaikum Wr.Wb