Rabu 21 Agustus 2024

   SENI RUPA dan MATEMATIKA

 

Hari / Tanggal                 :  Rabu / 21 Agustus 2024

Kelas                                 :  2. D

Mata Pelajaran                :  Seni Rupa

Materi                               :  Bereksplorasi dengan Warna

CP                         : Peserta didik mengeksplorasi alat dan bahan dasar dalam berkarya mewarnai.

Peserta didik dapat menenali susunan warna pada benda di lingkungan sekitar

Tujuan Pembelajaran    : Siswa mampu mengeksplor alat dan bahan dasar dalam berkarya dengan baik.

 

Semua benda punya bentuk. Benda juga punya warna. Warna termasuk unsur seni rupa. Warna membuat karya seni menjadi indah.

Contohnya lukisan. Lukisan diberi warna agar terlihat menarik.

Kenali warna disekitarmu!


Mengenali Jenis Warna

Warna termasuk unsur seni rupa. Warna juga dapat membuat lukisan menarik. Mari, kenali jenis warna untuk membuat karya seni.

Warna berfungsi untuk menampilkan gambar tampak seperti benda asli.



Ada 2 jenis warna, yaitu :

1. Warna Gelap

    Warna gelap menggambarkan kesan sedih dan takut. Contoh warna gelap yaitu :

   


2.  Warna Terang

    Warna gelap menggambarkan kesan senang dan ceria. Contoh warna gelap yaitu :

   


Mata Pelajaran                  :  Matematika

Materi                                 :  Menjumlahkan Bilangan dengan Menyimpan

CP                                       : 

Pada akhir Fase A, peserta didik dapat menunjukkan pemahaman makna simbol matematika "=" dalam suatu kalimat matematika yang terkait dengan penjumlahan dan pengurangan bilangan cacah sampai 20 menggunakan gambar. Contoh:

 


 Peserta didik dapat mengenali, meniru, dan melanjutkan pola bukan bilangan (misalnya, gambar, warna, suara)

TP                                :  Menuliskan kalimat matematika dari penjumlahan dua bilangan yang terdiri dari dua angka dari situasi tertentu dan mengungkapkan cara penghitungannya.


B.  Menjumlahkan Bilangan dengan Menyimpan

Paman Pino mengoleksi helm. Helmnya ditempeli stiker. Ada gambar dan angka.




Ada dua bilangan pada helmnya. Bilangan 46 dan 26. Berapa jumlah kedua bilangaan tersebut?



 Apakah anak-anak sudah memahami pembelajaran hari ini? 

Alhamdulillah... 

Mari kita tutup pembelajaran hari ini dengan mengucapkan Hamdalah... 

Ibu guru akhiri, wassalamu'alaikum wr. Wb.

Postingan populer dari blog ini

Materi Rabu 14 Agustus 2024

MPLS DAY 2 ( Selasa 16 Juni 2024)

Kelas 2 Matematika dan Pendidikan Pancasila