Rabu / 25 September 2024

 SENI RUPA dan MATEMATIKA

 

Hari / Tanggal           :  Rabu / 25 September 2024

Mata Pelajaran         :  Seni Rupa

Materi                        :  Berekspresi melalui Melukis

Media                        :  Video

CP                               :

Mengalami (Experiencing)         

·         Peserta didik memahami unsur rupa di lingkungan sekitarnya dan  menyimpulkan hasil pemahaman atas dua unsur rupa.

Merefleksikan (Reflecting)        

·         Peserta didik menilai karya dan penciptaan karya seni rupa dengan menggunakan kosa kata  sehari-hari.

Berpikir dan Bekerja Artistik (Thinking and Working Artistically)             

·         Peserta didik menggunakan pengalaman visualnya sebagai sumber gagasan dalam berkarya. Peserta didik mengeksplorasi alat dan bahan dasar yang tersedia di lingkungan sekitar.             

Menciptakan (Making/Creating)            

·         Peserta didik membuat karya seni rupa menggunakan hasil pengamatannya terhadap lingkungan sekitar, menggunakan unsur garis, bentuk, dan/atau warna.

Berdampak (Impacting)              

·         Peserta didik memberikan respons terhadap kejadian sehari-hari dan keadaan lingkungan sekitar melalui karya seni rupa yang memberi dampak positif bagi dirinya.           

 

Tujuan Pembelajaran    : Siswa mampu mengenali jenis-jenis lukisan.

 

Bismillah...

Assalamu'alaikum anak sholih/ah...

Bagaimana kabarnya pagi ini?

In syaa Allah, hari ini kita akan melanjutkan pembelajaran di minggu sebelumnya ya Nak.


Apakah kamu pernah melukis?
Apa tema lukisanmu?

Lukisan termasuk karya seni rupa.
Kamu dapat menyampaikan ide kreatif dengan melukis.

Silahkan kalian amati video di bawah ini!


A.  Mengenal Tema Lukisan

Kamu dapat menuangkan perasaan lewat lukisan. Contohnya : senang, sedih, kecewa dan lucu.
Ada banyak tema dalam lukisan.
Misalnya tema keluarga, cita-cita, sahabat dan sekolah.

Amati tema lukisan di bawah ini!

                                                                Tema Cita-Cita
            
                                                                    Tema Sekolah
    
                                                                        Tema Sahabat
    
        
                                                                    Tema Keluarga


B. Alat dan Bahan Melukis
Apa hal pertama yang harus disiapkan sebelum melukis?
Kamu dapat menyiapkan alat dan bahan.
Kamu dapat melukis dengan kertas, pensil, crayon atau cat air.

Buku gambar



Crayon



Pensil


Cat Air




Mata Pelajaran                  :  Matematika

Materi                                 :  Durasi Waktu

CP                                       : 

Pada akhir fase A, peserta didik dapat menunjukkan pemahaman dan memiliki intuisi bilangan (number sense) pada bilangan cacah sampai 100, termasuk melakukan komposisi  (menyusun) dan dekomposisi (mengurai) bilangan tersebut. Mereka dapat melakukan operasi penjumlahan dan pengurangan pada bilangan cacah sampai 20, dan dapat memahami pecahan setengah dan seperempat. Mereka dapat mengenali, meniru, dan melanjutkan pola-pola bukan bilangan. Mereka dapat membandingkan panjang, berat, dan durasi waktu, serta mengestimasi panjang menggunakan satuan tidak baku.

Peserta didik dapat mengenal berbagai bangun datar dan bangun ruang, serta dapat menyusun dan mengurai bangun datar. Mereka dapat menentukan posisi benda terhadap benda lain.

Peserta didik dapat mengurutkan, menyortir, mengelompokkan, membandingkan, dan menyajikan data menggunakan turus dan piktogram paling banyak 4 kategori.

 

TP                                :  Siswa dapat memahami durasi waktu dalam sehari


WAKTU DAN DURASI (Lama Waktu)









 Apakah anak-anak sudah memahami pembelajaran hari ini? 

Alhamdulillah... 

Mari kita tutup pembelajaran hari ini dengan mengucapkan Hamdalah... 

Ibu guru akhiri, wassalamu'alaikum wr. Wb. 

Postingan populer dari blog ini

Materi Rabu 14 Agustus 2024

MPLS DAY 2 ( Selasa 16 Juni 2024)

Kelas 2 Matematika dan Pendidikan Pancasila