Rabu 22 Januari 2025
MATERI
PELAJARAN PENDIDIKAN PANCASILA DAN SENI RUPA
Mata Pelajaran : Pendidikan Pancasila
Hari / tanggal : Rabu 22 Januari 2025
Materi :
1. Ayo berkenalan dengan orang dalam Keluargaku dan benda di Rumahku
2. Aku suka berbagi dan tolong menolong
CP :
Peserta didik mengidentifikasi dan menghargai identitas dirinya sesuai dengan jenis kelamin, hobi, bahasa, serta agama dan kepercayaan di lingkungan rumah dan sekolah.
TP :
Melalui kegiatan menyebutkan identitas diri secara lengkap, peserta didik menunjukkan sikap beriman dan bersyukur kepada Tuhan Yang Maha Kuasa yang telah menciptakannya sebagai cerminan nilai Pancasila dan Profil Pelajar Pancasila.
Melalui kegiatan membedakan identitas diri dan teman, peserta didik menunjukkan sikap menghargai peberdaan dan sikap toleransi di tengah keberagaman.
Perhatikanlah gambar berikut!
Apakah mereka terlihat sama? Mereka mempunyai ciri-ciri fisik.
Apakah ciri-ciri fisik itu?
Badan, tubuh, atau raga merupakan fisik.
Fisik dapat dilihat dan dibedakan.
Ciri-ciri fisik orang berbeda-beda.
Ada pula yang cirinya sama.
Kita mempunyai keluarga.
Kita juga mempunyai tetangga.
Perbedaan ciri-ciri fisik pasti ada.
Ciri-ciri fisik dipengaruhi oleh asal suku.
Contohnya suku Sunda, Aceh, Minahasa,Ternate, dan Sumba.
Ciri-ciri fisik juga didapatkan dari keturunan. Contohnya Arab, Tionghoa, India.
Masing-masing anggota keluarga harus saling menghormati.
Yang muda hormati yang tua, dan yang tua menghargai yang muda.
Dalam keluarga juga harus saling tolong menolong dan membantu,
menyiapkan makanan, dan membantu membersihkan halaman rumah.
Perhatikan gambar-gambar berikut!
Di dalam rumah terdapat benda-benda.
Seperti ada meja, kursi, Kasur, lemari, piring, gelas, dan lain-lain.
Benda-benda itu merupakan bagian dari ciptaan Tuhan melalui hasil kerja tangan manusia.
Benda tersebut semuanya bermanfaat untuk membantu kerja manusia.
Misalnya, kompor dan belanga, dapat ibu gunakan untuk memasak, televisi dan radio dapat digunakan oleh ayah untuk mendengarkan berita.
Mata Pelajaran : Seni Rupa
Materi :
Praktik Teknik Kolase dari Kertas
Siswa mengamati, menganalisis fungsi dan menggunakan aneka alat dan bahan di sekitar yang sesuai untuk keperluan karyanya.
Ayo, membua membuat kolase dengan menempel.
Lakukan percobaan teknik menempel.
Bahannya dari kertas.
Jenis kertanya origami atau berwarna.
Buatlah karya kolase yang menarik.
Lihat gambar atau video di bawah ini.
Ikuti petunjuk guru!
Alat dan Bahan
1. Kertas HVS
2. Kertas origami
Langkah Kerja
1. Siapkan alat dan bahan.
Tunjukkan kamu anak kreatif!
1. Potonglah kertas origami.
Tempelkan contoh pola di samping.
2. Lakukanlah dengan mandiri!
3. Kumpulkan va yamu pada gunu
Seluruh karya akan di paiang
di kelas!
Berkreasi dengan Kolase
Membuat karya kolase sangat mudah.
Kamu dapat membuat dengan bahan di sekitarmu.
Buatlah pola dengan spidol di kertas.
Beri lem pada pola.
Tempelkan bahan yang sudah dipotong pada pola.
Silahkan diiulas kembali di rumah bersama orangtua hebat kalian yaa… Jangan lupa ucapkan terimakasih, atas jasa orangtua kalian.
Jangan lupa shalatnya dilaksanakan di rumah ya sayang…
Ibu Guru akhiri, Wassalamu’alaikum Wr.Wb.