Rabu 22 Januari 2025

 MATERI 

PELAJARAN PENDIDIKAN PANCASILA DAN SENI RUPA



Mata Pelajaran                  :  Pendidikan Pancasila

Hari / tanggal                    : Rabu 22 Januari 2025

Materi                                 :  

1.       Ayo berkenalan dengan orang dalam Keluargaku dan benda di Rumahku

2.       Aku suka berbagi dan tolong menolong

CP                                       : 

Peserta didik mengidentifikasi dan menghargai identitas dirinya sesuai dengan jenis kelamin, hobi, bahasa, serta agama dan  kepercayaan di lingkungan rumah  dan sekolah.


TP                                :  

Melalui kegiatan menyebutkan identitas diri secara lengkap, peserta didik menunjukkan sikap beriman dan bersyukur kepada Tuhan Yang Maha Kuasa yang telah menciptakannya sebagai cerminan nilai Pancasila dan Profil Pelajar Pancasila.


Melalui kegiatan membedakan identitas diri dan teman, peserta didik menunjukkan sikap menghargai peberdaan dan sikap toleransi di tengah keberagaman.


Perhatikanlah gambar berikut! 


Apakah mereka terlihat sama? Mereka mempunyai ciri-ciri fisik. 

Apakah ciri-ciri fisik itu?

Badan, tubuh, atau raga merupakan fisik. 

Fisik dapat dilihat dan dibedakan.


Ciri-ciri fisik orang berbeda-beda. 

Ada pula yang cirinya sama. 

Kita mempunyai keluarga. 

Kita juga mempunyai tetangga. 

Perbedaan ciri-ciri fisik pasti ada. 

Ciri-ciri fisik dipengaruhi oleh asal suku. 

Contohnya suku Sunda, Aceh, Minahasa,Ternate, dan Sumba. 

Ciri-ciri fisik juga didapatkan dari keturunan. Contohnya Arab, Tionghoa, India.

 

Masing-masing anggota keluarga harus saling menghormati. 

Yang muda hormati yang tua, dan yang tua menghargai yang muda.

Dalam keluarga juga harus saling tolong menolong dan membantu, misalnya membersihkan rumah setiap hari minggu, mencuci piring dan pakaian,

menyiapkan makanan, dan membantu membersihkan halaman rumah.

Perhatikan gambar-gambar berikut!




Di dalam rumah terdapat benda-benda.

Seperti ada meja, kursi, Kasur, lemari, piring, gelas, dan lain-lain.

Benda-benda itu merupakan bagian dari ciptaan Tuhan melalui hasil kerja tangan manusia. 

Benda tersebut semuanya bermanfaat untuk membantu kerja manusia. 

Misalnya, kompor dan belanga, dapat ibu gunakan untuk memasak, televisi dan radio dapat digunakan oleh ayah untuk mendengarkan berita.


Mata Pelajaran                  :  Seni Rupa

Materi                                 :  


Praktik Teknik Kolase dari Kertas

Cp : 
Peserta didik memahami unsurrupa di lingkungan sekitarnyadan  menyimpulkan hasilpemahaman atas dua unsurrupa.


Tp : 

Siswa mengamati, menganalisis fungsi dan menggunakan aneka alat dan bahan di sekitar yang sesuai untuk keperluan karyanya.

Ayo, membua membuat kolase dengan menempel.

Lakukan percobaan teknik menempel.

Bahannya dari kertas.

Jenis kertanya origami atau berwarna.

Buatlah karya kolase yang menarik.

Lihat gambar atau video di bawah ini.

Ikuti petunjuk guru!



Alat dan Bahan

1.      ï»¿ï»¿ï»¿Kertas HVS

2.      ï»¿ï»¿ï»¿Kertas origami

Langkah Kerja

1. Siapkan alat dan bahan.


Tunjukkan kamu anak kreatif!


1.      Potonglah kertas origami.
Tempelkan contoh pola di samping.

2.      ï»¿ï»¿ï»¿Lakukanlah dengan mandiri!

3.      ï»¿ï»¿ï»¿Kumpulkan va yamu pada gunu
Seluruh karya akan di paiang
di kelas!

 

Berkreasi dengan Kolase

Membuat karya kolase sangat mudah.

Kamu dapat membuat dengan bahan di sekitarmu.

Buatlah pola dengan spidol di kertas.

Beri lem pada pola.

Tempelkan bahan yang sudah dipotong pada pola.





Alhamdulillah, materi hari ini cukup sampai di sini ya Nak..

Silahkan diiulas kembali di rumah bersama orangtua hebat kalian yaa… Jangan lupa ucapkan terimakasih, atas jasa orangtua kalian.

Jangan lupa shalatnya dilaksanakan di rumah ya sayang…

 

Ibu Guru akhiri, Wassalamu’alaikum Wr.Wb.


Postingan populer dari blog ini

Materi Rabu 14 Agustus 2024

Kisi kisi sumatif tengah semester pendidikan Pancasila

Kisi kisi B.indonesia dan b.inggris