Senin, 14 April 2025
Materi Ajar
Hari, Tanggal : Senin, 14 April 2025
Kelas : 2D
Mapel : Bahasa Indonesia
Materi : Sayang Lingkungan
CP :
Menyimak§ Peserta didik mampu bersikap menjadi penyimak yang baik. Peserta didik mampu memahami pesan lisan dan informasi dari media audio, teks aural (teks yang dibacakan), dan instruksi lisan yang berkaitan dengan tujuan berkomunikasi. |
TP :
§ Melalui membaca nyaring, peserta didik dapat mengucapkan kata-kata yang sering ditemui sehari-hari.
§ Melalui membaca berulang, peserta didik dapat menjelaskan topik bacaan.
Melalui menyimak informasi, peserta didik dapat mengingat dan menyebutkan informasi kunci pada teks yang dibacakan dengan tepat.
· Izinkan peserta didik membaca bacaan “Ayo, Hemat Air!” sekali lagi.
· Ingatkan peserta didik mengenai definisi istilah topik yang pernah diperkenalkan sebelumnya.
· Lalu, minta para peserta didik menuliskan topik bacaan dan menjawab pertanyaan dari Buku Siswa di buku tulis masing-masing.
Kunci Jawaban
1. Jenis-jenis air
2. Air asin dan air tawar
3. Masak, mandi, mencuci
· Minta peserta didik menyiapkan buku dan alat tulis masing-masing. Beri tahu peserta didik bahwa ini merupakan kegiatan yang dinilai.
· Bacalah informasi cara menghemat air dengan suara jelas sebanyak dua kali.
Pada saat Anda membaca, peserta didik belum boleh mulai menulis.
· Sesudahnya, minta para peserta didik menuliskan keempat cara menghemat air di buku tulis mereka.
Kunci Jawaban
· Tidak berlama-lama ketika mandi.
· Mematikan keran ketika sedang menyabuni tangan.
· Menyiram tanaman dengan alat penyiram.
· Memeriksa apakah ada keran yang bocor.
Catatan:
· Kata yang ditebalkan adalah kata kunci;
· Peserta didik tidak harus menulis keempat cara tersebut secara urut;
· Jawaban yang ditulis dengan kata-kata lain dianggap benar selama maknanya sama dengan kunci jawaban.
· Beri peserta didik waktu untuk mengamati gambar “Buanglah Sampah di Tempat Seharusnya”.
· Tanyakan kepada peserta didik tentang perbedaan sampah anorganik dan organik.
· Kemudian, minta para peserta didik menyebutkan hal-hal yang mereka lihat dalam gambar.
KESIMPULAN
Silahkan diiulas kembali di rumah bersama orangtua hebat kalian yaa… Jangan lupa ucapkan terimakasih, atas jasa orangtua kalian.
Jangan lupa shalatnya dilaksanakan di rumah ya sayang…
.