Senin / 28 Juli 2025
Materi Ajar Matematika
Hari / Tanggal : Senin / 28 Juli 2025
Fase/ Kelas : A/2 saad bin waqash
Mata Pelajaran : Matematika
Bab 1 : Ayo membilang sampai dengan 50
Materi Pembelajaran : Nilai Tempat
CP :
Murid menunjukkan pemahaman dan memiliki intuisi bilangan (number sense) pada bilangan cacah sampai 100, mereka dapat membaca, menulis, menentukan nilai tempat, membandingkan, mengurutkan, serta melakukan komposisi (menyusun) dan dekomposisi (mengurai) bilangan.
TP :
1. Mampu menentukan nilai tempat puluhan dan satuan dari bilangan cacah sampai 50.
2. Mampu menyusun dan menguraikan bilangan berdasarkan nilai tempat.
Media Ajar dan Alat Peraga: Tv, Video bilangan 1-50/kartu bilangan.
Konsep Nilai Tempat:
Satuan: Angka paling kanan dalam suatu bilangan, menunjukkan nilai satuannya.
Puluhan: Angka kedua dari kanan, menunjukkan nilai kelipatan sepuluh.
Satuan:
Bilangan satuan adalah bilangan yang terdiri dari satu digit, yaitu angka 0 sampai 9.
Contoh: 1, 2, 3, 4, 5, 6, 7, 8, 9.
Satuan selalu menempati posisi paling kanan dalam suatu bilangan.
Puluhan:
Bilangan puluhan adalah bilangan yang terdiri dari dua digit, yaitu angka 10 hingga 99.
Contoh: 10, 11, 12, ... , 98, 99.
Digit di sebelah kiri (digit pertama) adalah puluhan, dan digit di sebelah kanan (digit kedua) adalah satuan.
Nilai puluhan adalah kelipatan dari 10 (10, 20, 30, dst.).
Contoh:
Dalam bilangan 35, angka 3 menempati nilai tempat puluhan (bernilai 30), dan angka 5 menempati nilai tempat satuan (bernilai 5).
Dalam bilangan 78, angka 7 adalah puluhan (bernilai 70), dan angka 8 adalah satuan (bernilai 8).
Dalam bilangan 10, angka 1 adalah puluhan (bernilai 10), dan angka 0 adalah satuan (bernilai 0).