Apa kabar anak-anak bu guru di rumah ? semoga anak sholih sholihah semua selalu dalam keadaan sehat wal’afiyat dan tetap dalam lindungan Allah SWT ya, amiin ....
Sebelum memulai pembelajaran kita hari ini ayo kita buka dengan lafadz basmallah, dan berdoa ya..
Oke Ibu guru persilahkan untuk anak-anak Ibu guru mempersiapkan alat-alat untuk belajar hari ini, namun sebelum itu jangan lupa untuk mandi dan sarapan terlebih dahulu ya. Selanjutnya silahkan simak tausiyah, murojaah, serta sholat dhuha ya sayang baru kita akan mulai pembelajaran kita hari ini.
Pada Pembelajaran 4 Tema 6 Subtema 1 Hewan di Sekitarku akan mempelajari tentang menyebutkan satuan baku untuk ukuran berat. Dengan melakukan percobaan menimbang berat benda, siswa dapat mengukur berat benda dengan satuan gram, ons, dan kilogram. Dengan membaca teks bacaan Ayam dan Kelinci, siswa mampu membaca teks cerita yang ditulis dengan huruf tegak bersambung dengan lafal dan intonasi yang tepat. Dengan menuliskan jawaban berdasarkan bacaan, siswa mampu membaca teks cerita yang ditulis dengan huruf tegak bersambung dengan lafal dan intonasi yang tepat. Dengan menyanyikan lagu anak, siswa mampu membedakan panjang dan pendek bunyi pada lagu anak dengan menggunakan simbol. Dengan menyanyikan lagu anak, siswa mampu menyuarakan panjang dan pendek bunyi. Sebagai catatan tulisan ini hanya sebagai panduan saja ketika mengikuti kegiatan pembelajaran bersama Bapak/Ibu Guru.
Ayo Mengamati
Ada bermacam-macam hewan peliharaan. Amatilah hewan-hewan peliharaan berikut ini.
Tahukah kamu apa makanan hewan peliharaanmu?
Coba sebutkan makanan hewan peliharaan pada gambar di atas.
Makanan Kucing adalah ikan, tikus, daging dan sebagainya
Makanan Ikan adalah plankton dan ikan kecil
Makanan Burung adalah jagung, beras dan biji-bijian
Makanan Bebek adalah rumput, tanaman air, ikan, serangga, amfibi kecil, cacing, dan moluska kecil.
Makanan Kelinci adalah wortel dan rerumputan
Makanan Kura-kuraadalah daging, ikan, cacing, sayuran dan buah
Lani memelihara kelinci. Kelinci makan wortel. Lani juga memelihara ayam. Ayam makan jagung. Lani menyayangi hewan peliharaannya. Setiap hari, hewan meliharaannya diberi makan.
Ayo Berdiskusi!
Apa yang ingin kamu ketahui tentang gambar di atas? Buatlah pertanyaan berdasarkan gambar di atas. Misalnya: Apa saja hewan peliharaan Lani? Tukarkan pertanyaanmu dengan pertanyaan teman sebelahmu. Jawablah pertanyaan temanmu.
1. Apa saja hewan yang dipelihara Lani?
Jawaban: Ayam dan Kelinci
2. Bagaimana Lani memberi makan hewan peliharaannya?
Lani memberi makan Ayam dan Kelinci peliharaannya setiap hari.
Ayo Mengamati!
Setiap hari Lani membeli wortel di tukang sayur. Tukang sayur menimbang wortel tersebut. Amatilah gambar berikut.
Timbangan apakah yang digunakan oleh tukang sayur?
Timbangan Duduk
Ayo Mencoba!
Sediakan alat timbangan, misalnya alat timbangan pasar atau alat timbangan kue. Sediakan bahan-bahan yang akan ditimbang. Misalnya, buah-buahan, wortel, tomat, dan bahan-bahan yang lain. Catatlah berat benda-benda yang ditimbang.
Ayo Membaca!
Ayam dan Kelinci
Lani memelihara ayam dan kelinci.
Lani menyayangi ayam dan kelincinya.
Setiap hari, hewan peliharaan itu diberi makan.
Kelinci makan wortel.
Ayam makan jagung.
Jawablah pertanyaan-pertanyaan berikut!
1. Hewan apa yang dipelihara Lani?
Ayam dan kelinci
2. Apa makanan hewan peliharaan Lani?
Ayam makananya jagung dan kelinci makananya wortel
Ayo Menulis!
Tuliskan makanan hewan peliharaan di sekitarmu. Tulislah dengan menggunakan huruf tegak bersambung. Pergunakan huruf kapital dengan benar!
Ayo Bernyanyi!
Nyanyikan lagu Ayamku! Nyanyikan sambil bertepuk tangan! Bertepuk tanganlah sesuai ketukan!
Ayo Berlatih!
Lingkarilah bagian lagu yang memiliki bunyi pendek. Berilah garis bawah untuk bagian lagu yang memiliki bunyi panjang.
Hitunglah banyak lingkaran yang kamu buat. Hitunglah garis bawah yang kamu buat. Bandingkan jawabanmu dengan jawaban teman di sebelahmu!
Banyak lingkaran ada 18 buah.
Kerja Sama dengan Orang Tua :
Nyanyikan lagu tentang hewan bersama orang tuamu. Nyanyikan lagu tersebut sesuai dengan ketukan. Tandailah bagian yang dinyanyikan dengan nada panjang. Tandailah bagian yang dinyanyikan dengan nada pendek. Pilihlah tandanya sesuai kesukaanmu!
Simaklah video berikut ini untuk pembelajaran kelima pada subtema 1!
Setelah kamu melakukan literasi kegiatan hari ini ayo kita berlatih berlatih membaca !
LATIHAN HARI INI!
Setelah kamu melakukan literasi kegiatan hari ini ayo kita berlatih membaca !
Tugas Hari Ini Membaca Buku Tematik Tema 6 Subtema 1 pembelajaran 4 dan 5.
Nah anak-anak, demikian pembelajaran kita hari ini. Jika telah selesai, kirimkan kolase foto hasil penugasan kepada ibu guru.
Silakan berdoa dan rapikan kembali perlengkapan belajarnya.
Oh iya, jangan lupa ucapkan terima kasih kepada orangtua yang telah membimbing kalian belajar hari ini.
Sampai jumpa, salam sehat dan tetap semangat. Wassalamu'alaikum Wr. Wb. 👍🤗
Hari / Tanggal : Senin / 5 Mei 2025 MATA PELAJARAN : BAHASA INDONESIA MATERI : SAYANG LINGKUNGAN CP : Menyimak § Peserta didik mampu bersikap menjadi penyimak yang baik. Peserta didik mampu memahami pesan lisan dan informasi dari media audio, teks aural (teks yang dibacakan), dan instruksi lisan yang berkaitan dengan tujuan berkomunikasi . Membaca dan Memirsa § Peserta didik mampu bersikap menjadi pembaca dan pengamat yang baik. Peserta didik mampu memahami informasi dari bacaan dan tayangan yang dipirsa tentang diri dan lingkungan, narasi imajinatif, dan puisi anak. Peserta didik mampu menambah kosakata baru dari teks yang dibaca atau tayangan yang diamati...
SENI RUPA Hari / Tanggal : Rabu / 14 Agustus 2024 Kelas : 2. D Mata Pelajaran : Seni Rupa Materi : Menggambar/Membuat Karya Cetak dari Bentuk Sekitar CP : Mengalami (Experiencing) · Peserta didik memahami unsur rupa di lingkungan sekitarnya dan menyimpulkan hasil pemahaman atas dua unsur rupa. Merefleksikan (Reflecting) · Peserta didik menilai karya dan penciptaan karya seni rupa dengan menggunakan kosa kata sehari-hari. Berpikir dan Bekerja Artistik (Thinking and Working Artistically) · Peserta didik menggunakan pengalaman visualnya sebagai sumber gagasan dalam berkarya. Peserta didik mengeksplorasi alat dan bahan dasar yang tersedia di lingkungan sekitar. Menciptakan (Making/Creating) · Peserta didik membuat karya seni rupa menggunakan hasil pengamatannya ter...
MATEMATIKA DAN PENDIDIKAN PANCASILA Hari / Tanggal : Selasa / 6 Mei 2025 Kelas : 2. D Mata Pelajaran : Matematika Materi : Geometri Media : Video CP : Peserta didik dapat mengurutkan, menyortir, mengelompokk...