Alhamdulillah, pada hari ini kita melanjutkan pembelajaran di hari sebelumnya, dimana pada hari ini kalian akan melanjutkan pada pembelajaran 1 dan 2 ya Nak. Pada pembelajaran hari ini bertujuan nantinya kalian akan mempelajari tentang menyebutkan ungkapan yang terdapat pada teks cerita, mengucapkan ungkapan yang terdapat pada teks percakapan, menyatakan kumpulan objek dengan bilangan sampai dengan 999 membaca lambang bilangan sampai dengan 999 dengan tepat, membedakan panjang pendek bunyi pada lagu anak, dan menampilkan panjang pendek bunyi pada lagu anak, memasangkan simbol dengan bunyi sila-sila pada Pancasila, menyebutkan bunyi sila pertama Pancasila, menceritakan pengalaman penerapan sila pertama pada Pancasila, menentukan bagian yang termasuk ungkapan dan artinya, menceritakan pengalaman penerapan sila kedua pada Pancasila, menjelaskan gerak dasar berjalan dalam permainan sederhana, dan melakukan gerak dasar berjalan dalam permainan sederhana. Sebagai catatan tulisan ini hanya sebagai panduan saja ketika mengikuti kegiatan pembelajaran bersama Bapak/Ibu Guru.
Udin mempunyai kakak perempuan bernama Mutiara.Udin dan Mutiara selalu menjaga kerukunan di rumah.
Ayo Mengamati
Simaklah teks cerita berikut in
Ayah dan Ibu Menyayangi Mutiara dan Udin
Suatu hari ayah membawakan buah tangan untuk Mutiara dan Udin.
Mutiara mendapatkan buku cerita.
Udin mendapatkan mainan.
Mutiara dan Udin berterima kasih kepada ayah dan ibu.
Mutiara dan Udin tidak saling berebut oleh-oleh.
Ayah dan ibu bahagia melihat buah hati mereka selalu rukun.
Buah tangan = oleh-oleh
Buah hati = anak
Perhatikan kata-kata yang dicetak miring pada teks
Gabungan kata yang memiliki arti berbeda dengan kata asalnya disebut ungkapan.
Ayo Berlatih
Lanjutkan percakapan di bawah ini berdasarkan teks di atas!
Ayo Bermain Peran Peragakan percakapan di atas dengan teman sebelahmu!
Ucapkan kalimat yang mengandung ungkapan dengan jelas.
Mutiara menyimpan buku hadiah dari ayahnya di rak buku.Perhatikan susunan buku di dalam rak.Buku-buku tersebut tersusun rapi.Berapa banyak buku di dalam rak tersebut?Bagaimana agar kita lebih mudah menghitungnya?
Ayo Berlatih
Udin bersama Mutiara mengelompokkan buku-buku tersebut.
Tiap-tiap kelompok berisi 10 buku.
1 kelompok = 1 puluhan
5 puluhan sama dengan 50
Banyak buku ada 57
Tiap-tiap kelompok berisi 10 buku.
1 kelompok = 1 puluhan
7 puluhan sama dengan 70.
Banyak buku ada 77
Ternyata ada sepuluh tumpukan buku.
Artinya, rak buku berisi seratus buku.
Ayo Mengamati
Amatilah gambar berikut ini!
Hitunglah jumlah kubus dengan teliti.
Kubus puluhan berjumlah sepuluh dapat diganti dengan satu kubus ratusan.
Kubus ratusan digambarkan dengan kubus satuan berjumlah seratus.
Jadi, 138 dibaca seratus tiga puluh delapan
Hitunglah jumlah kubus satuan berikut!
Mutiara gemar membaca buku.
Ia membaca berbagai jenis buku anak.
Ada buku cerita anak.Ada buku pengetahuan.
Ada buku nyanyian.
Ayo Bernyanyi
Coba bedakan panjang pendeknya nada pada lagu berikut!
Peramah dan Sopan
2/4
Ciptaan: Pak Dal
Bukannya congkak
Bukannya sombong
Yang disayangi handai dan taulan
Hanya anak yang tak pernah bohong
Rajin belajar Peramah dan sopan
Apakah kamu sudah dapat membedakan panjang pendek bunyi pada lagu?
Bunyi yang panjang terdengar lebih lama dibandingkan bunyi pendek.
Simak Video Panjang dan Pendek Nada Lagu Peramah dan Sopan berikut Ini !
Ayo Berlatih
Nyanyikan kembali lagu Peramah dan Sopan!
Berilah tanda ● pada bagian yang dinyanyikan pendek.
Berilah tanda ___ pada bagian yang dinyanyikan panjang.
Mutiara membaca buku yang dibelikan ayahnya. Perhatikan sampul bukunya.
Ayo Mengamati
Garuda Pancasila adalah lambang negara Indonesia.
Burung Garuda besar gagah perkasa.
Lihatlah perisainya!
Perisai itu memuat simbol dari sila-sila pada Pancasila.
Pancasila adalah dasar negara kita.
Ayo Membaca
Bacalah teks Pancasila berikut!
Pancasila
Ketuhanan Yang Maha Esa
Kemanusiaan yang adil dan beradab
Persatuan Indonesia
Kerakyatan yang dipimpin oleh hikmat kebijaksanaan dalam permusyawaratan/ perwakilan
Keadilan sosial bagi seluruh rakyat Indonesia
Setiap sila pada Pancasila memiliki simbol. Perhatikan simbol sila-sila pada Pancasila berikut!
Ayo Menulis
Tunjuk simbol sila-sila pada Pancasila, kemudian tuliskan bunyi sila tersebut!
Pasangkan simbol tersebut dengan bunyi silanya.
Pancasila adalah dasar negara kita.
Kita harus mengamalkan sila-sila Pancasila
Ayo Mengamati
Amatilah gambar di bawah ini!
Menurut pendapatmu, pengamalan sila ke berapakah yang ditunjukkan oleh gambar ini?
Gambar-gambar tersebut menunjukkan pengamalan sila pertama Pancasila yaitu Ketuhanan Yang Maha Esa.
Apakah kamu selalu beribadah bersama keluargamu?
Ya, saya selalu beribadah bersama keluarga.
Ceritakan secara lisan tentang pengalamanmu ketika beribadah bersama keluarga!
Kegiatan beribadah bersama- sama keluarga yang paling berkesan yaitu saat bersama – sama mengikuti sholat Idul Fitri di rumah nenek. Saat itu aku berangkat dengan berjalan kaki menuju lapangan desa di dekat rumah kakeku. Setelah melaksanakan shalat Ied aku dan anggota keluarga yang lain mengunjungi rumah tetangga dan saudara untuk saling bersilaturahi. Suasana saat itu begitu mebahagiakan hatiku.
Udin ingin meminjam buku milik Mutiara.
Mutiara dengan senang hati meminjamkannya.
Ayo Berdiskusi
Kita sudah mempelajari ungkapan.
Tunjukkan mana yang termasuk ungkapan pada percakapan berikut!
Udin
:
“Buku Kakak banyak sekali.”
Mutiara
:
“Kakak memang senang membaca buku.”
Udin
:
“Wah, Kakak memang pantas dijuluki kutu buku.”
Mutiara
:
“Ayo, kamu juga harus rajin membaca. Ini ada buku cerita bagus, judulnya Bintang Lapangan.
Udin
:
“Ceritanya tentang apa, Kak?”
Mutiara
:
“Cerita tentang pemain sepak bola yang rendah hati, meskipun sudah terkenal.”
Udin
:
“Berarti dia tidak besar kepala ya, Kak. Terima kasih ya, Kak. Saya boleh meminjam buku Kakak.”
Udin
:
“Sama-sama, Dik.
Kemudian, diskusikan dengan temanmu mengenai pertanyaan-pertanyaan berikut!
1. Apa arti ungkapan tersebut?
Hasil Diskusi
Ungkapan
Arti Ungkapan
Kutu buku
Suka membaca
Bintang lapangan
Pemain andalan
Rendah hati
Tidak sombong
Besar kepala
Sombong
2. Apakah Udin dan Mutiara saling menyayangi?
(Ya, Udin dan Mutiara saling menyanyangi.)
3. Bagian percakapan manakah yang menunjukkan mereka saling menyayangi?
("Terima kasih ya, Kak. Saya boleh meminjam buku Kakak)
4. Pengamalan sila ke berapakah yang ditunjukkan oleh Udin dan Mutiara?
(Sila kedua yang berbunyi Kemanusiaan yang adil dan beradab.)
5. Apakah kamu menyayangi kakak, adik, saudara, dan orang tua di rumah?
(Ya, aku menyanyangi kakak, adik, saudara, dan orang tua di rumah.)
6. Tuliskan contoh pengalamanmu yang menunjukkan kamu menyayangi kakak, adik, saudara, atau orang tuamu!
(Di rumah, kami saling membantu satu dengan yang lain. Misalnya saat ibu memasak, aku akan membantu mengupas bawang. Saat Ayah mencuci mobil, aku akan membantu menyiapkan sabun cuci mobil.)
Ayo Bermain Peran
Peragakan percakapan pada halaman 15 dengan teman sebangkumu!
Seseorang yang menjadi bintang lapangan sepak bola pasti rajin berlatih dan bermain.
Berlatih dan bermain juga membuat badan sehat.
Ayo Berlatih
Perhatikan gambar berikut. Peragakan gerakan berikut di bawah bimbingan gurumu!
Ayo Mencoba
Coba tirukan gerakan berbagai jenis hewan berjalan!
Alhamdulillah untuk pertemuan hari ini kalian telah mengikutinya dengan baik.
Apakah anak-anak bahagia belajar hari ini? (refleksi)
Apakah anak-anak nyaman belajar hari ini?
Apa yang telah kalian pelajari hari ini? (Review)
Terimakasih atas kerjasamanya hari ini dalam pembelajaran. Tetap menjadi anak yang baik.
Mari kita tutup pembelajaran hari ini dengan berdoa.
MATERI AJAR BAHASA INDONESIA DAN SENI RUPA Hari / Tanggal : Rabu / 7 Mei 2025 Kelas : 2. D Mata Pelajaran : Bahasa Indonesia Materi : Sayang Lingkungan CP : Menyimak § Peserta didik mampu bersikap menjadi penyimak yang baik. Peserta didik mampu memahami pesan lisan dan informasi dari media audio, teks aural (teks yang dibacakan), dan instruksi lisan yang berkaitan dengan tujuan berkomunikasi . Membaca dan Memirsa § Peserta didik mampu bersikap menjadi pembaca dan pengamat yang baik. Peserta didik mampu memahami informasi ...
Hari / Tanggal : Senin / 5 Mei 2025 MATA PELAJARAN : BAHASA INDONESIA MATERI : SAYANG LINGKUNGAN CP : Menyimak § Peserta didik mampu bersikap menjadi penyimak yang baik. Peserta didik mampu memahami pesan lisan dan informasi dari media audio, teks aural (teks yang dibacakan), dan instruksi lisan yang berkaitan dengan tujuan berkomunikasi . Membaca dan Memirsa § Peserta didik mampu bersikap menjadi pembaca dan pengamat yang baik. Peserta didik mampu memahami informasi dari bacaan dan tayangan yang dipirsa tentang diri dan lingkungan, narasi imajinatif, dan puisi anak. Peserta didik mampu menambah kosakata baru dari teks yang dibaca atau tayangan yang diamati...
MATEMATIKA DAN PENDIDIKAN PANCASILA Hari / Tanggal : Selasa / 6 Mei 2025 Kelas : 2. D Mata Pelajaran : Matematika Materi : Geometri Media : Video CP : Peserta didik dapat mengurutkan, menyortir, mengelompokk...