Materi ajar

  SENI RUPA

 

Hari / Tanggal                  :  Rabu / 7 Agustus 2024

Kelas                                  :  2. D

Mata Pelajaran                :  Seni Rupa

Materi                                :  Menggambar/Membuat Karya Cetak dari Bentuk Sekitar

CP                                       :  

Mengalami (Experiencing)  

·         Peserta didik memahami unsur rupa di lingkungan sekitarnya dan  menyimpulkan hasil pemahaman atas dua unsur rupa.

Merefleksikan (Reflecting)

·         Peserta didik menilai karya dan penciptaan karya seni rupa dengan menggunakan kosa kata  sehari-hari.               

Berpikir dan Bekerja Artistik (Thinking and Working Artistically)      

·         Peserta didik menggunakan pengalaman visualnya sebagai sumber gagasan dalam berkarya. Peserta didik mengeksplorasi alat dan bahan dasar yang tersedia di lingkungan sekitar.            

Menciptakan (Making/Creating)     

·         Peserta didik membuat karya seni rupa menggunakan hasil pengamatannya terhadap lingkungan sekitar, menggunakan unsur garis, bentuk, dan/atau warna.

Berdampak (Impacting)       

·         Peserta didik memberikan respons terhadap kejadian sehari-hari dan keadaan lingkungan sekitar melalui karya seni rupa yang memberi dampak positif bagi dirinya.    

Tujuan Pembelajaran    : Siswa mampu mengenali, mengidentifikasi dan menggunakan elemen rupa (garis dan warna) dalam sebuah karya. Mengamati, menganalisis fungsi dan menggunakan aneka alat dan bahan di sekitar yang sesuai untuk keperluan karyanya. Sebuah bentuk dan menggambarkannya kembali berdasarkan hasil sudut pandang masing-masing dan Siswa mampu mendiskusikan apa yang dimaksud dengan karya original.

 

 

Elemen & Prinsip Seni

Jenis Garis : 

1.    Horizontal adalah garis yang menyamping ke kiri dan ke kanan.

 

2.    Vertikal adalah garis yang naik turun ke atas dan ke bawah.


3.    Diagonal adalah garis yang mendaki dan menurun. 

 

4.    Spiral adalah (dalam bentuk) keluk atau putaran mengelilingi titik pusat.

5.    Cekung adalah melengkung ke dalam.


6.    Cembung adalah melengkung ke luar.

  

Silahkan anak-anak amati benda-benda yang ada di lingkungan sekitar katlian. Yang ada di langit maupun di bumi.

Amati benda-benda tersebut, dan bentuknya. Kemudian, gambarlah benda yang telah kalian amati tersebut! 

Apakah bentuk benda yang kalian amati simetris? 

Benda yg berbentuk simetris, misalnya yang berbentuk segitiga, segiempat, ataupun lingkaran. 

Jika kalian mengamati dan menggambar pot bunga, maka pot bunga tersebut berbentuk simetris. Karena berbentuk lingkaran baik atasnya maupun alasnya. 

KESIMPULAN 

Alhamdulillah pembelajaran hari ini berjalan dengan baik, aktif dan lancar.
Dalam pembelajaran Seni rupa, Alhamdulillah sebagian besar siswa sudah memahami tentang warna.



 Apakah anak-anak sudah memahami pembelajaran hari ini? 

Alhamdulillah... 

Mari kita tutup pembelajaran hari ini dengan mengucapkan Hamdalah... 

Ibu guru akhiri, wassalamu'alaikum wr. Wb. 

Postingan populer dari blog ini

Materi Rabu 14 Agustus 2024

MPLS DAY 2 ( Selasa 16 Juni 2024)

Kelas 2 Matematika dan Pendidikan Pancasila