Materi ajar
SENI RUPA
Hari / Tanggal : Rabu / 7 Agustus 2024
Kelas : 2. D
Mata Pelajaran : Seni Rupa
Materi : Menggambar/Membuat Karya Cetak dari Bentuk Sekitar
CP :
Mengalami (Experiencing)
ยท Peserta didik memahami unsur rupa di lingkungan sekitarnya dan menyimpulkan hasil pemahaman atas dua unsur rupa.
Merefleksikan (Reflecting)
ยท Peserta didik menilai karya dan penciptaan karya seni rupa dengan menggunakan kosa kata sehari-hari.
Berpikir dan Bekerja Artistik (Thinking and Working Artistically)
ยท Peserta didik menggunakan pengalaman visualnya sebagai sumber gagasan dalam berkarya. Peserta didik mengeksplorasi alat dan bahan dasar yang tersedia di lingkungan sekitar.
Menciptakan (Making/Creating)
ยท Peserta didik membuat karya seni rupa menggunakan hasil pengamatannya terhadap lingkungan sekitar, menggunakan unsur garis, bentuk, dan/atau warna.
Berdampak (Impacting)
ยท Peserta didik memberikan respons terhadap kejadian sehari-hari dan keadaan lingkungan sekitar melalui karya seni rupa yang memberi dampak positif bagi dirinya.
Tujuan Pembelajaran : Siswa mampu mengenali, mengidentifikasi dan menggunakan elemen rupa (garis dan warna) dalam sebuah karya. Mengamati, menganalisis fungsi dan menggunakan aneka alat dan bahan di sekitar yang sesuai untuk keperluan karyanya. Sebuah bentuk dan menggambarkannya kembali berdasarkan hasil sudut pandang masing-masing dan Siswa mampu mendiskusikan apa yang dimaksud dengan karya original.
Elemen & Prinsip Seni
Jenis Garis :
1. Horizontal adalah garis yang menyamping ke kiri dan ke kanan.
2.
3.
4. Spiral adalah (dalam bentuk) keluk atau putaran mengelilingi titik pusat.
6. Cembung adalah melengkung ke luar.
Silahkan anak-anak amati benda-benda yang ada di lingkungan sekitar katlian. Yang ada di langit maupun di bumi.
Amati benda-benda tersebut, dan bentuknya. Kemudian, gambarlah benda yang telah kalian amati tersebut!
Apakah bentuk benda yang kalian amati simetris?
Benda yg berbentuk simetris, misalnya yang berbentuk segitiga, segiempat, ataupun lingkaran.
Jika kalian mengamati dan menggambar pot bunga, maka pot bunga tersebut berbentuk simetris. Karena berbentuk lingkaran baik atasnya maupun alasnya.
KESIMPULAN
Alhamdulillah pembelajaran hari ini berjalan dengan baik, aktif dan lancar.
Dalam pembelajaran Seni rupa, Alhamdulillah sebagian besar siswa sudah memahami tentang warna.